Skip to main content

MUSHAF GRAND MAQAMAT

Memudahkan belajar membaca, memahami, dan melantunkan Al-Qur'an dengan tartil semerdu Qori-Qori'ah Indonesia berstandar Internasional
image2

Feature & Benefit:

  • Tanda Waqaf & Ibtida : Memudahkan kapan berhenti dan memulai kembali bacaan
  • Ta'lim Maqamat : sentuh warna apa saja yang Anda inginkan, maka secara otomatis pen akan membaca maqamat sesuai keinginan
  • Ta'lim Jama Qira'ah Sab'ah : Belajar Qira'ah Sab'ah langsung dari ahlinya Dr.K.H. Ahsin Sakho Muhammad, MA.
  • Penjelasan Ilmu Tajwid : Menjelaskan cara baca dan hukum tajwid dengan detail sesuai standar Departemen Agama

 

 

 

 

Pengisi Suara:

  • Syaikh Mahmmud Khalil Al-Husari : Sebagai tutor pribadi dalam melantunkan Qur'an dengan cara murrotal
  • Syaikh Misyari Rasyid & Terjemahan : Memudahkan menghafal dan memahami arti serta kandungan setiap ayat
  • Dra. Hj. Maria Ulfa, MA. : Qori'ah internasional, dosen Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta 

image1Salah satu konten unggulan di GRAND MAQAMAT yg tdk ada di produk competitor bahkan di dunia. sehingga mendapat rekor dunia. MENGENAL QIRO'AH SAB'AH DAN SEJARAHNYA 

Mengenal Qiro'ah Sab'ah dan Sejarah Singkat dari Qiro'ah Sab'ah 
Qiro'ah Sab'ah atau tujuh bacaan adalah macam-macam cara membaca Al Qur'an yang berbeda. disebut tujuh bacaan adalah karena ada tujuh imam Qiro'ah yang masyhur (terkenal) dan masing-masing memiliki langgam bacaan tersendiri. Pada tujuh imam Qiro'ah tersebut masing-masing memiliki 2 orang murid yang bertindak sebagai perawi. tiap perawi tersebut juga memiliki perbedaan dalam cara membaca Al Quran. adapun perbedaan cara membaca tersebut, tidaklah semata-mata karena dibuat-buat baik oleh imam maupun perawinya. cara membaca tersebut merupakan sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, dan memang seperti itulah Al Quran diturunkan. 

Dari Umar bin khatthab, ia berkata, “ Aku mendengar Hisyam bin Hakim membaca surat Al-Furqon di masa hidup Rasulullah. aku perhatikan bacaannya. tiba-tiba ia membaca dengan banyak huruf yang belum pernah dibacakan Rasulullah kepadaku, sehingga hampir saja aku melabraknya di saat ia shalat, tetapi aku urungkan. maka aku menunggunya sampai salam. begitu selesai, aku tarik pakaiannya dan aku katakan kepadanya, " siapakah yang mengajarkan bacaan surat itu kepadamu ? " ia menjawab, "Rasulullah yang membacakannya kepadaku ". lalu aku katakan kepadanya, " kamu dusta ! Demi Allah, Rasulullah telah membacakan juga kepadaku surat yang sama, tetapi tidak seperti bacaanmu ". kemudian aku bawa dia menghadap Rasulullah, dan aku ceritakan kepadanya bahwa aku telah mendengar orang ini membaca surat Al-Furqon dengan huruf-huruf (bacaan) yang tidak pernah engkau bacakan kepadaku, padahal engkau sendiri telah membacakan surat Al-Furqon kepadaku. maka Rasulullah berkata, " lepaskanlah dia, hai umar. bacalah surat tadi wahai Hisyam ! " Hisyam pun kemudian membacanya dengan bacaan seperti kudengar tadi. maka kata Rasulullah, " begitulah surat itu diturunkan " ia berkata lagi, " bacalah, wahai umar ! " lalu aku membacanya dengan bacaan sebagaimana yang diajarkan Rasulullah kepadaku. maka kata Rasulullah, " begitulah surat itu diturunkan. Sesungguhnya Al Qur’an itu diturunkan dengan tujuh huruf, maka bacalah dengan huruf yang mudah bagimu ”. [HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Ibnu Jarir ] 

 Adapun mengenai makna dari " tujuh huruf " tersebut ada dua pendapat yang kuat. pertama adalah tujuh macam bahasa dari bahasa-bahasa arab mengenai satu makna :Quraisy, Hudzail, Saqif, Hawazin, Kinanah, Tamim, dan Yaman. Diumpamakan kalau dulu menggunakan ejaan yang lama bahasa Indonesia " Doeloe " dengan ejaan yang telah disempurnakan menjadi " Dulu " lafadz berbeda dengan bunyi yang sama. maka Tulisan " Doeloe " dirubah menjadi " Dulu " tulisannya berubah tapi bacaannya sama. Padahal Bahasa Indonesia adalah Bahasa Pemersatu Bangsa.

Hikmah diturunkannya Al Qur’an dengan tujuh huruf antara lain : Memudahkan bacaan dan hafalan bagi bangsa ummi.Bukti kemukjizatan Al-Qur’an dari sisi kebahasaan orang arab dan Kemukjizatan dalam aspek makna dan hukum ( ketujuh huruf tersebut memberikan deskripsi hukum yang dikandung Al Qur’an dengan lebih komprehensif dan universal). 

Qiro`ah Sab`ah adalah Qiro`ah Utsmani. 
Pendapat yang paling masyhur mengenai penafsiran " Tujuh Huruf " adalah pendapat Ar-Razi yang dikuatkan oleh Az-Zarkani dan didukung oleh jumhur ulama. 

 Berikut adalah Tujuh Imam yang sudah tidak diragukan lagi kemasyhurannya : 
Ibnu ‘Amir 
Nama lengkapnya adalah Abdullah al-Yahshshuby. Beliau seorang Qadhi ( hakim ) di Damaskus pada masa pemerintahan Walid ibnu Abdul Malik. Pannggilannya adalah Abu Imran. beliau adalah seorang tabi’in. belajar qira’ah dari Al-Mughirah ibnu Abi Syihab al-Mahzumy dari Utsman bin Affan dari Rasulullah SAW. Beliau Wafat di Damaskus pada tahun 118 H. Perawi Ibnu 'Amir : Hisyam dan Ibnu Dzakwan.

Ibnu Katsir 
 Nama lengkapnya adalah Abu Muhammad Abdullah Ibnu Katsir ad-Dary al-Makky. beliau adalah imam dalam hal qira’ah di Makkah, beliau adalah seorang tabi’in yang pernah hidup bersama sahabat Abdullah ibnu Jubair, Abu Ayyub al-Anshari dan Anas ibnu Malik. beliau wafat di Makkah pada tahun 120 H. Perawi Ibnu Katsir : al-Bazy ( wafat pada tahun 250 H ) dan Qunbul ( wafat pada tahun 291 H.

‘Ashim al-Kufy 
 Nama lengkapnya adalah ‘Ashim ibnu Abi an-Nujud al-Asady. Disebut juga dengan Ibnu Bahdalah. Panggilannya adalah Abu Bakar. beliau adalah seorang tabi’in yang wafat pada sekitar tahun 127-128 H di Kufah. Perawi ‘Ashim al-Kufy : Syu’bah ( wafat pada tahun 193 H ) dan Hafsah ( wafat pada tahun 180 H ) 

Abu Amr 
Nama lengkapnya adalah Abu ‘Amr Zabban ibnul ‘Ala’ ibnu Ammar al-Bashry seorang guru besar pada rawi. Disebut juga sebagai namanya dengan Yahya. menurut sebagian orang nama Abu Amr itu nama panggilannya. Beliau wafat di Kufah pada tahun 154 H. Perawi Abu Amr : ad-Dury ( wafat pada tahun 246 H ) danas-Susy ( wafat pada tahun 261 H ) 

Hamzah al-Kufy 
Nama lengkapnya adalah Hamzah Ibnu Habib Ibnu ‘Imarah az-Zayyat al-Fardhi ath-Thaimy seorang bekas hamba ‘Ikrimah ibnu Rabi’ at-Taimy. dipanggil dengan Ibnu ‘Imarh. wafat di Hawan pada masa Khalifah Abu Ja’far al-Manshur tahun 156 H. Perawi Hamzah al-Kufy : Khalaf ( wafat tahun 229 H ) dan Khallad ( wafat tahun 220 H )

Imam Nafi 
Nama lengkapnya adalah Abu Ruwaim Nafi’ ibnu Abdurrahman ibnu Abi Na’im al-Laitsy. asalnya dari Isfahan. Dengan kemangkatan Nafi’ berakhirlah kepemimpinan para qari di Madinah al-Munawwarah. Beliau wafat pada tahun 169 H. Perawi Imam Nafi' : Qalun ( wafat pada tahun 12 H ) danWarasy ( wafat pada tahun 197 H ) 

Al-Kisaiy 
Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu Hamzah. seorang imam nahwu golongan Kufah. Dipanggil dengan nama Abul Hasan. menurut sebagiam orang disebut dengan nama Kisaiy karena memakai kisa pada waktu ihram. Beliau wafat di Ranbawiyyah yaitu sebuah desa di Negeri Roy ketika ia dalam perjalanan ke Khurasan bersama ar-Rasyid pada tahun 189 H. Perawi Al-Kisaiy : Abul Harits ( wafat pada tahun 424 H ) dan ad-Dury ( wafat tahun 246 H ) 

Adapun Syarat-Syarat Qiraah yang Muktabar untuk menangkal penyelewengan Qiraah yang sudah mulai muncul, para ulama membuat persyaratan-persyaratan bagi qiraat yang dapat diterima. Hal ini untuk membedakan Qiraat yang benar dan yang aneh/asing (Syazzah ). Para ulama membuat tiga syarat. Qiraat itu sesuai dengan bahasa Arab meskipun menurut satu jalan.Qiraat itu sesuai dengan salah satu mushaf-mushaf utsmani.Sahih sanadnya. 

MEMPELAJARI QIROAH SAB'AH DIMANA SAJA DAN KAPAN SAJA JADI LEBIH MUDAH.. MUSHAF GRAND MAQAMAT MELENGKAPI SALAH SATU KONTEN NYA DENGAN BELAJAR QIROAH SABAH BERSAMA KH.AKHSIN SAKHO

Popular posts from this blog

Hasil Psikotes Alula - Cara Membaca

Bismillah. Beberapa waktu lalu, alula mengikuti psikotes yang diadakan pihak sekolah. Alhamdulillah hasilnya sudah launching.   Tingkat perkembangan intelektual : 90-109 itu normal utk anak/orang rata-rata sebayanya. Porsi bermain dan belajar harus pas, materi pelajaran jangan berlebihan (khususnya yang masih dibawah 7 tahun) sampai mencuri waktunya bermain, sehingga menjadi stress. Tehnik pengajaran yang ideal adalah SIMULTAN : Simultan artinya belajar secara bertahap dan bersinambungan, jika halaman pertama belum bisa ataupaham hindari ke halaman selanjutnya, jika menulis huruf B dan D masih terbalik-balik ya itu dulu yang dipelajari. Belajarlah dari mulai dari yang mudah dengan keterangan2 yang jelas. Kemampuan dasar Aritmatika sudah mulai senang hitung2 an, Logika belajar Sebab Akibat, Persepsi pandai omong,tapi sulit melakukan, IQ 110-130 Superior, kecerdasan nya dia atas anak rata2 seusianya. Potensi harus terus distimulus dengan kegiatan2 yang merangsang kecerdasannya

Adab ke Toilet

Bismillah. Sudah beberaha hari ini, Naira mengompol. Entah itu baru sedikit pipis di celana dalam, ataupun ngompol. Saya jadi mulai terpancing emosinya. Kesal, karena setiap disuruh pipis ke toilet, Naira selalu menolaknya. Dan akhirnya ngompol. Tantangan hari ke 19 Kali ini saya BRP tentang kapan harus ke toilet Teteh, kalau ada rasa menggelitik di perut bawah ( sambil disentuh di bagian kendung kemih) itu tandanya "pengen pipis" Jadi teteh harus? "ke toilet" Sebelumnya harus apa? "buka celana dulu baru jongkok di toilet" Iyaaa pinteeer.. Kalau mamam suruh pipis? "tinggal buka celana terus pipis ditoilet" Jangan apa? "jangan tahan pipis" Nanti apa? "nanti ngompol" Kalau ngompol? "nanti mamam marah" Eaaaaaaaa. Ihihihi Selain marah apa? "nanti air pipis nya kemana-mana, najis" Iya, berarti mamam harus apa? "harus ngepel sama nyuci celana bekas ompol Iya..

PANDU 45

Spesial dari Bu Septi 🎁🎁🎁 PANDU 45 Buat ayah bunda yang kesulitan membersamai anak menemukan bakatnya, kami membuatkan panduan berbagai macam aktivitas yang bisa anda gunakan untuk menjadi pedoman berbagai macam aktivitas yang dilakukan anak-anak. Sebelum mereka berusia 16 th, perbanyaklah ragam kegiatan anak, sehingga mereka kaya akan wawasan, kaya akan kegiatan, sehingga di usia produktifnya nanti akan muncuk kekayaan gagasannya. Jangan buru-buru ditestkan beragam macam test bakat jenis apapun. Kita diberikan kekuatan mata hati dan mata fisik kita sebagai orangtua. Cara ini sangat mahal dibandingkan dengan mengikutkan anak-anak dengan beragam tes bakat. Karena cara ini tidak bisa dibayar dengan uang, tapi harus dibayar dengan waktu anda, pikiran anda dan hati anda untuk anak-anak. Ebook yang kami susun inipun mahal, tidak bisa dibayar dengan uang, tapi dibayar dengan kemauan anda menemani anak-anak menemukan jalan hidupnya dengan sabar, rileks, tidak menggegas dan ti