┏━━
🍃
🌸━━━━━━━━━━━━┓
RESUME KELAS MATRIKULASI Batch #4
INSTITUT IBU PROFESIONAL
┗━━━━━━━━━━━━
🍃
🌸
🍃━━┛
Bismillahirahmanirrahiim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh


RESUME KELAS MATRIKULASI Batch #4
INSTITUT IBU PROFESIONAL
┗━━━━━━━━━━━━



Bismillahirahmanirrahiim
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh
Tema : “ADAB MENCARI ILMU”







terlampir






PERTANYAAN PERTAMA
🍂 Pertanyaan dari peserta : Apakah untuk adab menuntut ilmu seperti yg telah dijelaskan jg diterapkan secara "strict" untuk anak usia dini saat belajar?
🍀 Jawaban dari fasilitator : Anak-anak senantiasa pertama kali belajar dengan melihat. Anak-anak bisa lupa dengan yang bunda katakan, namun tidak lupa dengan yang bunda lakukan.
a. Menurut bunda adab seperti apa yang perlu diajarkan kepada anak-anak?
b. Bagaimana ukuran strict yang dimaksud oleh bunda?


a. Menurut bunda adab seperti apa yang perlu diajarkan kepada anak-anak?
b. Bagaimana ukuran strict yang dimaksud oleh bunda?

a.
- mungkin lebih ke sikap bunda yang d tunjukkan pada anak, yang memungkinkan anak menirunya.
- Mungkin untuk pertama kali kita harus mencontohkan adab itu sendiri pada dengan cara kita melakukannya dengan begitu anak akan meniru apa yg kita lakukan,,jadi sebaiknya kita sebagai ibu untuk memperbaiki adab kita dulu
- Saya sepakat dengan prinsip bahwa metode terbaik dalam mendidik anak adalah metode qudwah (teladan),tapi jika boleh ditambahkan untuk anak usia dini,qudwahnya adalah qudwah yg diperlihatkan
- Memanggil ke yg lebih tua dg hormat, makan dg tangan kanan, toilet training, apakah masuk ke adab yg diajarkan kpd anak?
Tanggapan fasilitator : Iya, itu semua termasuk bagian adab yang perlu dimiliki oleh anak-anak kita. Kemuliaan anak-anak harus dijaga dan ditumbuhkan
b. Maksudnya “strict” disini mungkin dalam menerapkan adab nya yg secara ketat
Tanggapan Fasilitator : Setiap keluarga memiliki nilai (value) yang dipegang yang mempengaruhi batasan hingga sejauh mana dalam penerapan adab. Perlu kerangka yang jelas sejauh mana boleh bergerak tanpa melewati batas. Artinya, semua boleh kecuali yang dilarang
Tanggapan peserta : Benar ini teh. Kita ga bisa menyamaratakan kelakuan anak2. Karna kelakuan itu juga tumbuh dari keluarga dan lingkungan sekitar
Semisal, ketika kita memiliki adik/anak yang masih sangat kecil. Alhamdulillah dia termasuk anak yg baik dan penurut. Ketika kita berada dalam satu halaqoh/majelis/berkunjung kerumah teman, ada anak teman yang capernya minta ampun. Disitu terkadang secara ga langsung kita dalam hati membandingkan kelakuan anak tersebut dengan anak/adik kecil kita. Namun disitulah, kita harus juga menyadari... kebiasaan yang diterapkan dan diperoleh oleh sang anak tersebut sudah pasti berbeda dengan yg kita terapkan kepada anak kita. Sehingga , yg awalnya ada rasa sedikit terganggu atas sikap dan perilaku anak tersebut, bisa kita terima tanpa rasa2 yang engga nyaman sebelumnya itu
Tanggapan Fasilitator : Setiap keluarga memiliki nilai (value) yang dipegang yang mempengaruhi batasan hingga sejauh mana dalam penerapan adab. Perlu kerangka yang jelas sejauh mana boleh bergerak tanpa melewati batas. Artinya, semua boleh kecuali yang dilarang
Tanggapan peserta : Benar ini teh. Kita ga bisa menyamaratakan kelakuan anak2. Karna kelakuan itu juga tumbuh dari keluarga dan lingkungan sekitar
Semisal, ketika kita memiliki adik/anak yang masih sangat kecil. Alhamdulillah dia termasuk anak yg baik dan penurut. Ketika kita berada dalam satu halaqoh/majelis/berkunjung kerumah teman, ada anak teman yang capernya minta ampun. Disitu terkadang secara ga langsung kita dalam hati membandingkan kelakuan anak tersebut dengan anak/adik kecil kita. Namun disitulah, kita harus juga menyadari... kebiasaan yang diterapkan dan diperoleh oleh sang anak tersebut sudah pasti berbeda dengan yg kita terapkan kepada anak kita. Sehingga , yg awalnya ada rasa sedikit terganggu atas sikap dan perilaku anak tersebut, bisa kita terima tanpa rasa2 yang engga nyaman sebelumnya itu
PERTANYAAN KEDUA
🍂 Pertanyaan : “Artinya, semua boleh kecuali yang dilarang”, Ini yg dilarang berarti kita sampaikan sama anaknya ya teh? Dari umur berapa?
🍀 Jawaban Fasilitator : saja yang perlu dilarang bagi anak? Apa yang perlu anak tahu di usianya?
🌼 Tanggapan peserta : Yg tercantum dalam AlQuran dan Hadits.. dan yg membahayakan nyawanya.
- Contoh sederhana. Kadang anak secara tidak sengaja sering buka2 kaos/pakaiannya sehingga terlihat anggota badannya. Dengan memberitahu bahwa itu tidak baik karena auratnya terbuka perlahan pasti anak mengerti



- Contoh sederhana. Kadang anak secara tidak sengaja sering buka2 kaos/pakaiannya sehingga terlihat anggota badannya. Dengan memberitahu bahwa itu tidak baik karena auratnya terbuka perlahan pasti anak mengerti
PERTANYAAN KETIGA
🍂 Pertanyaan : Kapan waktu yg tepat untuk memulai mengajarkan adab ilmu pd anak, apakah ditunda sampai anak mengerti?


PERTANYAAN KEEMPAT


1. Mendisiplinkan diri dalam adab sehingga anak meniru dengan baik adab
2. Menyampaikan dengan bahasa lisan apa yang telah dilakukan
Saya menemukan ada seorang anak yang senang sekali makan gula, diingatkan oleh orang di sekelilingnya berkali-kali tidak diindahkan. Hingga suatu ketika ada seorang bapak yang berhari-hari tidak menyentuh gula, lalu menasihatkan hal yang sama kepada anak tsb dan langsung berhenti. Hal ini tidak secara langsung memperlihatkan pelajaran mengenai mengajarkan adab, melainkan menunjukan betapa disiplin diri akan memberikan sokongan keberhasilan pengajaran adab
PERTANYAAN KELIMA
🍂 Pertanyaan : Dimulai darimana dan bagaimana jika anak belum memahami apa yg kita ajarkan?
🍀 Jawaban Fasilitator : Bersungguh-sungguh bunda di dalam, maka bunda akan keluar dengan kesungguhan itu. Termasuk bersungguh-sungguh dalam mengamalkan adab dalam kehidupan sehari-hari. Maka mulailah dari diri sendiri, dari hal-hal kecil yang bunda mampu hingga mengkristal menjadi karakter. Komunikasikan, percayalah ananda dibekali Allah kemampuan luar biasa untuk mencerna apa yang bunda lakukan


PERTANYAAN KEENAM
🍂 Pertanyaan : Maka untuk anak usia dini,sebisa mungkin libatkan anak dalam majelis kita,tapi jgn kaget dg anak yg tetap apa adanya.di permulaan mungkin kita akan repot dengan anak yg "sulit dikondisikan",tapi tugas berikutnya adalah kita mesti sabar dan jgn kapok untuk kembali melibatkan mereka.yg terpenting untuk anak usia dini adalah buat nyaman hadir k majelis ilmu,adapun perihal adab,setelah mereka nyaman,dgn beriring waktu mereka pun akan bisa lebih menyesuaikan diri dan beradab dalam berilmu


https://m.facebook.com/story.php…
Keberkahan dalam mencari ilmu, menjadikan ilmu yang diperoleh menjadi ilmu bermanfaat yang melahirkan amal soleh tentunya lebih utama

Mohon pencerahanmya tentang note itu,apakah artinya kita harus "menyembunyikan" dalam arti tdk mengikutsertakan anak saat kita bermajlis agar tak nampak "ulah'nya di mata org lain ,atau kita juga mesti tak menghadiri majlis itu jika posisinya kita dan anak selalu bersama dan tak mungkin dititip?
Tanggapan Fasilitator : Jika bunda membutuhkan hadir di majelis ilmu dan diizinkan membawa anak, maka bunda perlu memastikan kebutuhan ananda akan aktivitas.
Sebagai contoh anak dengan usia 5 tahun rentang konsentrasi 5 menit, untuk acara 30 menit bunda perlu menyiapkan kurang lebih 6 kali pergantian aktivitas pendek.
Sesekali mungkin bunda perlu keluar dari ruang belajar, dan tetap bahagia
PERTANYAAN KETUJUH
🍂 Pertanyaan : Maaf mau bertanya..kalau untuk orang tua yg bekerja...bagaimana mengajarkan adab nya? Memang dilema untuk ortu yg bekerja, disatu sisi ingin mengajarkan adab langsung dgn benar dan contoh, tp terkadang tanpa sepengetahuan apa yg kita ajarkan seolah dimentahkan oleh contoh org lain yg sering dilihatnya disekitar. Krn sulit kita meng counter apa yg ada diluar dan lingkungan
🍀 Jawaban Fasilitator : Menurut bunda, apa yang perlu dibangun agar anak memilih beretika dan berani berbeda dari lingkungan yang tidak sesuai?



- Betul juga... minimal secara pengalaman dikala ada waktu luang seefektif mungkin perhatian kita fokus ke anak. Kebetulan saya juga guru 32 jam. Dan pasti tetep punya dilema sendiri...apalagi kalau cape... sebisa mungkin harus bisa.
PERTANYAAN KEDELAPAN
🍂 Pertanyaan : Saya buka les calistung d rumah. Dan saya yg ngajar. Dan saat ini saya sedang hamil 5 bulan. Bagaimna untuk menjadi ibu yg profesional setelah anak saya lahir? Apakah saya harus menutup les saya atau bagaimana?
🍀 Jawaban Fasilitator : Bunda dapat membuat pertanyaan yang dijawab sesuai perasaan bunda saat menjalaninya.
1. Apa yang membuat saya perlu mengajar?
2. Adakah jalan lain?
3. Bagaimana jika saya tidak mengajar?
4. Peran terbaik apa yang bisa saya lakukan selama hidup
dst.


1. Apa yang membuat saya perlu mengajar?
2. Adakah jalan lain?
3. Bagaimana jika saya tidak mengajar?
4. Peran terbaik apa yang bisa saya lakukan selama hidup
dst.
Pertanyaan yg belum terjawab, dilanjutkan pd tgl 16 Mei 2017 pk 20.00 - 21.00
PERTANYAAN KESEMBILAN
🍂 Pertanyaan teh Nia S : adab terhadap sumber ilmu poin A yaitu tidak meletakan sembarangan atau memperlakukan sumber ilmu dalam bentuk buku ketika sedang kita pelajari itu malsudnya apa ya?mohon penjelasannya saya belum paham


PERTANYAAN KESEPULUH
🍂 Pertanyaan : Pertanyaan dari teh Nissa A: Adab pada diri sendiri, Poin a. ikhlas dan mau membersihkan jiwa dari hal hal yang buruk, karena batin atau juga yang buruk akan menghalangi masuknya ilmu. Yg jd pertanyaan, hal hal yang ada pada batin dan jiwa yang seperti apakah yang harus kita bersihkan
🍀 Jawaban Fasilitator: Mungkin tidak gelas yang penuh bisa ditambahkan lagi air jika tidak dikosongkan?


PERTANYAAN KESEBELAS
🍂 Pertanyaan : Pertanyaan teh Aida F: Yg dimaksud sceptical thinking itu seperti apa?
Krn tdk bisa dipungkuri informasi itu tak terbatas
Bisa diakses oleh siapapun, kapapun, dimanapun
🍀 Jawaban Fasilitator : Teteh kalo dapet berita heboh apa langsung share? Siapa sumbernya? Bermanfaat tidak jika dibagi?
Dapet berita
➡Cek sumbernya
✅valid
➡berguna jika di share?
✅ya
➡share
❌tidak
➡stop

Krn tdk bisa dipungkuri informasi itu tak terbatas
Bisa diakses oleh siapapun, kapapun, dimanapun

Dapet berita







PERTANYAAN KEDUABELAS
🍂 Pertanyaan : terkait berpikir kritis, kenapa tdk masuk dalam adab berilmu, terutama zaman sekarang yg cukup banyak informasi yg tdk jelas sumbernya.
🍀 Jawaban Fasilitator : Berpikir kritis itu baik setelah semua ilmu diterima, saat menerima ilmu kosongkan gelas


PERTANYAAN KETIGABELAS
🍂 Pertanyaan : - Saat orang bertanya mengenai suatu hal kemudian saya menjelaskannya secara rinci tetapi orang tersebut seperti tidak paham dan hanya mengangguk meng-iya-kan seolah olah paham maksud saya... bagaimana sikap saya ?
- Kadangkala orang salah berucap,,,saat saya mengingatkan karena hal tersebut kurang tepat..orang tersebut malah keukeuh sama apa yang diucapkan...apa yang harus saya lakukan?
🍀 Jawaban Fasilitator : Menurut teteh kenapa? Dan Baiknya seperti apa?
PERTANYAAN KEEMPATBELAS
Pertanyaan : Info/ materi pengantar yg kmrn malem, boleh dishare lagi kah ke khalayak umum ?
Kalau baca dari adab nya, harusnya minta ijin dulu ya. Sy nemu ada yg share di grup lain teh
Jawaban Fasilitator : Alhamdulillahnya pertanyaan yang sama sudah diajukan sejak awal batch 1 dan diperbolehkan dishare di blog sebagai bagian dari memantapkan ilmu. Tidak diperbolehkan dishare via grup WA

- Kadangkala orang salah berucap,,,saat saya mengingatkan karena hal tersebut kurang tepat..orang tersebut malah keukeuh sama apa yang diucapkan...apa yang harus saya lakukan?

PERTANYAAN KEEMPATBELAS
Pertanyaan : Info/ materi pengantar yg kmrn malem, boleh dishare lagi kah ke khalayak umum ?
Kalau baca dari adab nya, harusnya minta ijin dulu ya. Sy nemu ada yg share di grup lain teh
Jawaban Fasilitator : Alhamdulillahnya pertanyaan yang sama sudah diajukan sejak awal batch 1 dan diperbolehkan dishare di blog sebagai bagian dari memantapkan ilmu. Tidak diperbolehkan dishare via grup WA




Adab adalah pembuka pintu ilmu bagi yang ingin mencarinya. Adab tidak bisa diajarkan, adab hanya bisa ditularkan. Maka dari itu, Mari kita mulai bersungguh – sungguh dalam mengamalkan adab, termasuk dalam kehidupan sehari – hari, pada hal hal kecil, yang insya Allah kemudian akan mengkristal menjadi karakter, lalu ditiru oleh anak anak kita, karena anak itu adalah fitrah, Allah membekali anak kemampuan yg luar biasa untuk mencerna apa yg kita lakukan.
Jazakumullah khairan katsiro
Jazakumullah khairan katsiro
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰
🔅
🔆
🔅
🔆Matrikulasi#4 Bandung1
🔆
🔅
🔆
🔅
〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰








〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰〰