Skip to main content

POLA PALING NAMPOL



POLA PALING NAMPOL
Rahasia Konten yang Nampol dan Nempel!

Pernahkah Anda membaca sebuah status di Facebook...

entah berupa postingan tulisan, gambar, atau video

yang nampol banget bagi Anda, misalnya (dalam hati Anda berkata):

"Gila! Ini gue banget..."
"Lho, kok dia tahu banget isi hati gue.."
"Jleb! Nusuk banget di hati..."

...dan sejenisnya

Pernah?




Dan gak cuma itu...

Eh ternyata isi (konten) status tersebut pun nempel banget di ingatan Anda, sampai-sampai:

keinget-inget terus, kepikiran terus, dan susah lupanya.

Pernah ngalamin? 😊


Kira-kira, apakah hal tersebut terjadi tanpa alasan?

Apakah perasaan yang timbul tersebut benar-benar terjadi begitu saja tanpa sebab?

...atau justru memang ada polanya?

🤔 think!


Coba perhatikan dan catat ini baik-baik...


Terlepas Anda mengetahuinya atau tidak,

Bahkan, si pembuat konten menyadarinya atau tidak,

tapi hal tersebut memang benar-benar ada polanya...


Ingat, segala sesuatu pasti ada polanya.
"Sukses berpola, gagal berpola"

Termasuk, cara buat konten yang nampol & nempel, ADA POLANYA.

Mau tahu apa dan bagaimana polanya?


😱 MAU.....!!
(teriak seseorang dalam hatinya)







Ini dia polanya:

SUCCESs (Simple, Unexpected, Concrete, Credible, Emotional, Stories)

Pola ini telah ditemukan oleh 2 orang bersaudara yang bernama Chip & Dan Heath dalam bukunya berjudul: "Made To Stick"


Ingat, sukses berpola, gagal berpola.

Dan pola paling sukses membuat konten yang nampol & nempel adalah "SUCCESs"

(makin dibaca, makin diingat, makin paham polanya, InsyaAllah...)



Yuk kita bahas satu per satu..

#1. SIMPLE

Intinya, buatlah konten yang sederhana. Apa intinya, apa pesannya.

Supaya pesan yang kita sampaikan mudah diingat, tentunya pesan tersebut harus mudah dimengerti terlebih dahulu.

Dan cara terpraktis agar mudah dimengerti oleh pembaca adalah membuatnya jadi sederhana.

Misalnya, ketika Saya menjelaskan strategi "Jab, Jab, Jab, Hook" dalam membangun personal branding di internet,

maka bagi Anda yang baru mendengar istilah tersebut, bisa dipastikan akan kebingungan maksudnya apa. Betul?

Tapi berbeda cerita ketika Saya menyampaikannya dengan cara yang lebih sederhana. Misalkan:

"Sharing-sharing dahulu, selling-selling kemudian"

atau

"Kasih makan ikan dahulu, baru pancing kemudian"

Hal tersebut dilakukan untuk menjelaskan pentingnya giving value (berbagi manfaat) dulu sebelum berjualan.


Gimana, kerasa bedanya?

Itulah maksudnya.
Sederhanakaah pesannya.

Jangan gunakan bahasa planet atau bahasa monyet yang tidak dimengerti oleh manusia.

Berusahalah menempatkan di posisi pembaca dan penerima pesan:

"Apakah yang Saya sampaikan ini bakal cukup jelas dan simpel untuk dia?”

Ingat, tugas kita adalah membuat orang lain pintar, bukan menunjukkan kepintaran kita. Sombong banget lu...


Dalam konteks copywriting, pola simple ini akan berwujud: HARD SELL.

Apakah boleh?

Gak apa-apa, boleh-boleh saja, asalkan targeting Anda udah bener ngebidik orang-orang yang butuh/kepengen beli produk,

atau market Anda udah "HOT" dan siap dijualin.

Kebayaaaaaaaang?

Okey, sip...



#2. UNEXPECTED

Intinya, buatlah konten yang tidak mudah ditebak oleh pembaca. Berikanlah kejutan, ubah alurnya, jangan gitu-gitu aja.

Dengan pesan yang tidak mudah ditebak, maka seseorang akan mudah terkejut.

Ketika seseorang terkejut, maka dia akan memberikan perhatian. Karena ketika mereka terkejut, mereka akan memfokuskan diri terhadap sesuatu dan mengabaikan hal lainnya. Dan cara terbaik untuk menciptakan kejutan adalah dengan “merusak pola” yang ada dalam suatu cerita.

Inilah pola yang sering Saya gunakan dalam membuat status di FB, misalnya status ini:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1838731986376249/

Dan ini:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1900253666890747/

Juga ini:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1901099653472815/

---
Note:
Anda perlu join di Grup Jago Jualan dulu sebelum bisa membuka link di atas. Klik disini: http://bit.ly/belajarjagojualan
---

Yang perlu Anda catat adalah...

Hal yang men gejutkan tidak akan bertahan lama. Karenanya, untuk membuat pesan tersebut diingat dalam waktu yang lama (nempel), Anda harus membuat orang tersebut tertarik dan penasaran.

Maka giringlah kalimat demi kalimat dalam paragraf yang Anda buat dengan kata-kata yang membuat orang penasaran.

Ini penting... karena rasa penasaran akan membuat perasaan kita semakin menggantung dan mengingat-ingat pesan tersebut, seperti halnya trailer film box office yang akan tayang di Bioskop...

Kebayang?

Alhamdulillah...



#3. CONCRETE

Intinya, buatlah konten yang gampang diindera. Konkrit, gak abstrak.

Suatu pesan akan susah dipahami jika kita menggunakan bahasa yang abstrak. Dan akan mudah dipahami jika kita menggunakan bahasa yang kongkrit, nyata.


Misalnya, ketimbang Anda bilang:

"banyak orang sudah join dalam course ini dan merasakan manfaatnya"

mendingan sebut:

"1350 internet marketer sudah join dalam course ini dan merasakan manfaatnya"


Bedanya apa?

Perhatikan saja sendiri, bedanya apa. Itulah yang dimaksud dengan konkrit, spesifik, gak abstrak.


Termasuk, ketika Anda menyebutkan manfaat dari produk Anda.

Misalnya, daripada bilang:

"Anda bisa turunkan berat badan dengan cepat dan mudah"

mendingan bilang:

"Anda bisa turunkan berat badan 10 kg dalam waktu 3 bulan bahkan lebih cepat tanpa harus diet ketat"

Makin kebayang?
Terasa bedanya?

Yap, bagus...

Hal tersebut akan lebih nampol dan nempel di ingatan pembaca ketimbang nyebut sesuatu yang abstrak, ambigu, gak jelas...


Nah, itulah maksudnya...

---
Disclaimer:
Contoh yang kedua kalau dipake untuk iklan di Facebook, kemungkinan besar tidak akan lolos aturan FB dan bakal kena AME. Hati-hati, itu hanya contoh doang 😅😂 hehe
---



#4. CREDIBLE

Intinya, buatlah konten dapat dipercaya. Gunakan authority, atau kutip perkataan para ahli atau institusi yang punya authority.

Suatu pesan akan lebih mudah dipercaya jika orang yang menyampaikannya adalah seseorang yang memiliki kredibilitas di bidang tersebut.

Itulah kenapa...

Resep obat dari dokter akan lebih dipercaya dibandingkan resep dari montir.

Nasehat dari ustadz akan lebih didengar dibandingkan nasehat dari bajingan.

Saran dari mentor yang sukses akan lebih dipraktekkan dibandingkan saran dari mentor yang gagal.


Dan itulah alasannya...

Kenapa orang yang followernya banyak akan lebih didengar dibandingkan yang followernya sedikit...

Kenapa para artis di Instagram dengan mudahnya menjual makanan khas kota-kota di Indonesia..

Kenapa para internet marketer sukses dengan mudahnya menjual tools atau course yang berhubungan dengan internet marketing...


Pahaaaaam...?

Yap, bagus...


Tinggal pertanyaannya, bagaimana seandainya jika kita tidak kredibel dan tidak punya authority?

Maka solusinya...

gunakan kredibilitas/authority seseorang atau lembaga tertentu yang credible dalam menyampaikan pesan tersebut.

Inilah fenomena Endorse.

Orang-orang rela bayar mahal "seseorang" yang punya kredibilitas dan authority di bidangnya. Kenapa?

Karena yang mereka beli adalah kredibilitas si endorser tersebut, bukan semata-mata bayar orangnya, tapi sesuatu yang besar di balik nama orang tersebut (kredibitasnya).

Pahaaaaaaam...?

Good...



#5. EMOTION

Intinya, buatlah konten yang emosional.

Lebih jelasnya, Anda bisa baca kembali broadcast Saya sebelumnya tentang: ramuan viral.

Baca ulang, sampai paham, sampai ngerti.

Mau contoh?

Baca status ini:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1758752724374176/

Rasakan getaran emosinya...
Rasakan... Rasakan...

Ini juga:

https://www.facebook.com/groups/klubjagojualan/permalink/1640331346216315/

Dan ini:

https://www.facebook.com/groups/109438006059782/permalink/390451737958406/

Rasakan emosinya.. rasakan...

Status tersebut semuanya ditulis menggunakan poin emosi, yang dikemas dalam bentuk cerita..


#6. STORIES

Intinya, konten yang Anda buat harus dikemas dalam bentuk cerita, yang dapat memberikan solusi atau inspirasi.

Gini deh, coba Saya tanya...

Berapa banyak dongeng masa kecil yang masih Anda ingat?

Jika Saya meminta Anda untuk menyebutkan sal ah satunya, pastinya Anda dapat menceritrakannya dengan baik kepada Saya, seperti kisah si kancil, sangkuriang, putri salju, dll. Betul?

Tapi coba cek deh..

Berapa banyak penjelasan mata pelajaran di kelas SD yang masih Anda ingat?

Saya yakin walaupun hanya menyuruh Anda untuk menjelaskan salah satunya, Anda kemungkinan besar tidak akan ingat. Kenapa?

Karena pada kenyataannya manusia akan lebih mengingat lebih baik cerita daripada data.

Artinya, ketika Anda ingin menyampaikan sebuah pesan, entah itu konten edukasi atau copywriting jualan,

walaupun ada datanya, tapi sampaikanlah dalam bentuk cerita. Tujuannya apa?

Supaya lebih nampol dan nempel di benak pembaca. Okey?



Itulah 6 pola paling nampol yang bisa Anda gunakan saat membuat konten di Facebook atau Blog pribadi Anda.

Saya yakin, setelah Anda membacanya berulang-ulang sampai paham,

maka Anda akan makin tercerahkan dengan adanya broadcast ini...


Action Plan!

Sama seperti sebelumnya, tugas Anda setelah membaca broadcast ini adalah...

"Pilihlah 1 dari 6 poin di atas, lantas buatlah konten (status FB atau artikel Blog) yang nampol &  nempel di benak pembaca..."

Lihat hasilnya.
Ukur selalu. Evaluasi. Coba lagi..


Terus coba, sampai bisa, sampai menghasilkan. Okeeeey?




Sekali lagi, Saya gak akan nagih PR-nya.

Tapi kalau Anda mengerjakannya, InsyaAllah akan membuat Anda makin jago jualannya.

Semoga kita dijauhkan dari ilmu-ilmu yang tidak bermanfaat dan tidak dipraktekkan. Aaamiin...

Karena di luar sana, banyak banget lho "kolektor ilmu" yang cuma ngoleksi ilmu doang, praktek mah kagak.... 😊


Tenang.. orang itu bukan Anda.

....kecuali emang ngerasa. 😂


Maka berdoalah kepada Allah agar dijauhkan dari sifat buruk tersebut.



Dewa


P.S.

Tadinya Saya gak mau jualan di brodcast ini. Tapi sayang banget eh.... jadi sekalian aja deh.

Begini... course http://MahirCopywriting.com sekarang udah dibuka terus-terusan, gak buka tutup lagi. Tapi... harganya lumayan mahal, yakni Rp 949.000.

Untungnya Anda baca ini dan join di grup ini!

Maka silakan gunakan kupon: "BUKANBALADEWA" untuk dapatkan diskon Rp 500.000,-

Hanya berlaku sampai jam 24.00 WIB malam ini. Catat baik-baik.


Kalau Anda, Daftar, alhamdulillah...
Kalau enggak, Daftar, gak apa-apa...

Saya gak rugi.

Tapi Anda rugi banget karena melewatkan diskon besar yang langka dan sulit terulang.

Silakan dipikirkan 😁

P.P.S.

Kalau pengen lebih murah, baca aja buku Easy Copywriting. Cari di http://billionairestore.co.id.

Lihat-lihat dulu aja..


---

Catatan penting:

Supaya Saya tahu bahwa Anda sudah membaca tulisan ini, silakan screen shoot salah satu bagian favorit Anda dan post di Facebook.

Bila perlu, silakan tag akun FB Saya. Kalau beruntung, namanya akan Saya munculkan di timeline pribadi. Lumayan, dibaca 100.000+ followers, kali aja followers Anda nambah





...dan rezeki Anda kedepannya makin bertambah 👌 aamiin

Popular posts from this blog

Hasil Psikotes Alula - Cara Membaca

Bismillah. Beberapa waktu lalu, alula mengikuti psikotes yang diadakan pihak sekolah. Alhamdulillah hasilnya sudah launching.   Tingkat perkembangan intelektual : 90-109 itu normal utk anak/orang rata-rata sebayanya. Porsi bermain dan belajar harus pas, materi pelajaran jangan berlebihan (khususnya yang masih dibawah 7 tahun) sampai mencuri waktunya bermain, sehingga menjadi stress. Tehnik pengajaran yang ideal adalah SIMULTAN : Simultan artinya belajar secara bertahap dan bersinambungan, jika halaman pertama belum bisa ataupaham hindari ke halaman selanjutnya, jika menulis huruf B dan D masih terbalik-balik ya itu dulu yang dipelajari. Belajarlah dari mulai dari yang mudah dengan keterangan2 yang jelas. Kemampuan dasar Aritmatika sudah mulai senang hitung2 an, Logika belajar Sebab Akibat, Persepsi pandai omong,tapi sulit melakukan, IQ 110-130 Superior, kecerdasan nya dia atas anak rata2 seusianya. Potensi harus terus distimulus dengan kegiatan2 yang merangsang kecerdasannya

Adab ke Toilet

Bismillah. Sudah beberaha hari ini, Naira mengompol. Entah itu baru sedikit pipis di celana dalam, ataupun ngompol. Saya jadi mulai terpancing emosinya. Kesal, karena setiap disuruh pipis ke toilet, Naira selalu menolaknya. Dan akhirnya ngompol. Tantangan hari ke 19 Kali ini saya BRP tentang kapan harus ke toilet Teteh, kalau ada rasa menggelitik di perut bawah ( sambil disentuh di bagian kendung kemih) itu tandanya "pengen pipis" Jadi teteh harus? "ke toilet" Sebelumnya harus apa? "buka celana dulu baru jongkok di toilet" Iyaaa pinteeer.. Kalau mamam suruh pipis? "tinggal buka celana terus pipis ditoilet" Jangan apa? "jangan tahan pipis" Nanti apa? "nanti ngompol" Kalau ngompol? "nanti mamam marah" Eaaaaaaaa. Ihihihi Selain marah apa? "nanti air pipis nya kemana-mana, najis" Iya, berarti mamam harus apa? "harus ngepel sama nyuci celana bekas ompol Iya..

PANDU 45

Spesial dari Bu Septi 🎁🎁🎁 PANDU 45 Buat ayah bunda yang kesulitan membersamai anak menemukan bakatnya, kami membuatkan panduan berbagai macam aktivitas yang bisa anda gunakan untuk menjadi pedoman berbagai macam aktivitas yang dilakukan anak-anak. Sebelum mereka berusia 16 th, perbanyaklah ragam kegiatan anak, sehingga mereka kaya akan wawasan, kaya akan kegiatan, sehingga di usia produktifnya nanti akan muncuk kekayaan gagasannya. Jangan buru-buru ditestkan beragam macam test bakat jenis apapun. Kita diberikan kekuatan mata hati dan mata fisik kita sebagai orangtua. Cara ini sangat mahal dibandingkan dengan mengikutkan anak-anak dengan beragam tes bakat. Karena cara ini tidak bisa dibayar dengan uang, tapi harus dibayar dengan waktu anda, pikiran anda dan hati anda untuk anak-anak. Ebook yang kami susun inipun mahal, tidak bisa dibayar dengan uang, tapi dibayar dengan kemauan anda menemani anak-anak menemukan jalan hidupnya dengan sabar, rileks, tidak menggegas dan ti