Skip to main content

MENJADI IBADAH ANAK KITA MENYENANGKAN

Bismillahirrahmanirrahim.
๐ŸŒธMenjadi Ibadah Anak Kita Menyenangkan๐ŸŒธ
Oleh ibu Elly Risman,Psi.
Rabu, 30 Agustus 2017
Resume by Lathifah Barkah

Kenapa ibadah perlu menyenangkan?
- karena yang mau kita latih itu adalah anak-anak
- karena tujuannya adalah sesuai perintah Allah, akan jadi penyembah Allah.
 ๐Ÿ’– dan agar menjadi ibadah yang baik benar, maka harus ada kerjasama orang tua. Tidak bisa ibunya saja, atau hanya ayahnya saja.

Cara omong sama anak :
- kita harus memposisikan diri 2-3 tahun di atas anak kita.
-ajarkan perasaan pada anak. Karena yang berkembang duluan adalah pusat perasaan

๐Ÿ’–Semua anak sesuai apa yang kita ajarkan kepada anak.

Tanggung jawab orang tua :
- membentuk kebiasaan dan meninggalkan kenangan. ➡ faham, tidak terbebani dan tidak menolak.

Kita mau meninggalkan kenangan apa? Mau kenangan jelek atau kenangan indah?
(Tanyakan pada diri masing-masing, lihat pada diri masing-masing. Apakah sudah memberikan kenangan indah?)

Buatlah anak SUKA dan BAHAGIA

➡ ingat, Anak adalah TITIPAN ALLAH
Ada malaikat yang terus melihat kegiatan kita. Kalau melukai anak kita, maka Allah juga marah.
➡ anak adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan ke pemiliknya.
➡ anak-anakmu bukan pilihanmu, tapi takdir. Jadi baik anak ataupun kita orangtuanya tidak bisa memilih. Maka terimalah takdir itu sebaik2nya.

Tantangan mengajarkan anak beribadah menyenangkan :
๐Ÿ’– dari dalam diri dan pasangan ➡ selesaikan urusan diri sendiri dan pasangan :
- Dulu diajarkan beribadahnya gimana?
- Rasanya gimana?
- Apakah pemahaman agamanya terbatas atau tidak?
- ingat dari awal pernikahan, bahwa tujuan hidup anak dan seluruh keluarga adalah penyembah Allah.
- dan ingat juga, bahwa penanggungjawab utama adalah AYAH
Ayah harus menggariskan semua hitam di atas putih mau jadi apa anak kita.
- kesimpulan dari penelitian Harvard : anak-anak yang dekat dengan ayah menjadi orang dewasa yang suka menghibur orang lain, punya harga diri yang tinggi, prestasi akademis di atas rata-rata, lebih pandai bergaul.
Berapa menit masing-masing anak dapat berbicara dan berinteraksi dengan ayah?
- apakah komunikasi tergesa-gesa? Apakah pesan sampai.

๐Ÿ’– mengasuh generasi alpha
- generasi Y lahir tahun 1980-1994
- generasi z lahir tahun 1994-2009
- generasi alpha lahir 2010-2025 : mereka hidup dengan Internet, semua serba cepat, instan, biasa multiswitching (dari BBM ke kine ke FB, dll), memiliki tata nilai yang berbeda.

"Orang kalau diabaikan perasaannya, dari ujung rambut hingga ujung kaki tidak akan berharga dirinya."

Ibadah, iman, akhlak letaknya di pre frontal Cortex (PFC) ➡ di dahi.
Maka mereka tidak bisa ambil keputusan.
Kalau akademis ada di dalam otak anak.
Kalau anak sudah kecanduan pornografi, PFC yang diteliti seperti PFC nya orang stroke.

๐Ÿ’– beban pelajaran yang berat
๐Ÿ’– peer presure
๐Ÿ’– ancaman dari agama & kepercayaan lain
๐Ÿ’– perubahan nilai dalam masyarakat kita

Untuk tantangan ini, maka Mulai dari mana?
➡selesaikan urusan dengan diri sendiri dan pasangan. Selesaikan PR-PR masa lalu. PR masa lalu ini adalah PR saat masa kecil, yang pernah disakiti saat masa kecil. Maafkan. Minta sama Allah untuk selesaikan.
➡ mulai dari ibu bapaknya
➡ sadari : "sasaran tembak" pengasuhan
➡ kenali keunikan & tahapan perkembangan otak anak

Kenapa harus berubah?
๐Ÿ’– karena Anak Ikut Role Model :
Anak akan ikut sama persis ayah ibunya.
Kita hutang banyak banget sama anak kita.

Saat kita salah pengasuhan, maka kita berarti menabung untuk kesalahan yang sama dalam mendidik cucu kita.

Bermula-lah dari ibu bapaknya!
Jadi orang tua itu harus berpartnership.
Tujuan berkeluarga : menjadikan anak yang mencinta Allah dan BAHAGIA

Hasil penelitian Bu Elly Risman :
Jika ada orang tua yang berzina, yang tahu pertama adalah Allah lalu anaknya. Anak yang tadinya Sholih, tahu-tahu tidak bisa diatur. Kalau salah satu orang tua yg telah berzina itu belum taubat, anaknya akan sulit berubah.

Mengasuh anak tidak bisa tergesa-gesa
- Anak usia 1-5 tahun : butuh 20 tahun masa pengajaran
- anak usia 5-10 tahun : butuh 15 tahun masa pengajaran
- anak usia 10-15 tahun : butuh 10 tahun masa pengajaran.

Siapa anak kita ?
- masing-masing anak kita UNIK
Sambungan dari korteks (otak belakang) ke PFC baru bersambung di usia 20 tahun (hasil penelitian ilmuan luar dan dalam negeri). Tapi kalo dalam Islam otak itu bersambungan itu di usia 14 tahun (Aqil baligh)
- hilangnya masa kanak-kanak akan mengakibatkan masyarakat yang kekanak-kanakan.
Jadikan anak kita tidak hanya terpelajar, tapi terdidik.

Anak bukan saja BISA tapi SUKA beribadah,
Maka jadikan anak yang menjadikan ibadah itu hal yang menyenangkan.

Jadi kita identifikasi dulu anak kita udah di tahap apa, baru KENAL kah, baru TAHUkah atau sudah ke tahap SUKA

- ada anak SUKA tapi GAK MAU ibadah. Bisa jadi memang anak baru di tangga TAHU.

Contohnya sholat. Kalau ngajakin anak anak sholat,  tapi masih main main, gapapa. Karena memang tahapannya belum wajib. Tapi harus tetap dikasih tahu caranya dan dibiasakan sholat

Semoga Allah mudahkan kita semua
-----------
Silakan yang mau share, semoga ada manfaatnya untuk kita semua. Dan semoga ibu Elly Risman dan keluarga senantiasa diberikan keberkahan dan kemudahan dalam hidup dan senantiasa diridhoi Allah. Aamiin YRA

Popular posts from this blog

Hasil Psikotes Alula - Cara Membaca

Bismillah. Beberapa waktu lalu, alula mengikuti psikotes yang diadakan pihak sekolah. Alhamdulillah hasilnya sudah launching.   Tingkat perkembangan intelektual : 90-109 itu normal utk anak/orang rata-rata sebayanya. Porsi bermain dan belajar harus pas, materi pelajaran jangan berlebihan (khususnya yang masih dibawah 7 tahun) sampai mencuri waktunya bermain, sehingga menjadi stress. Tehnik pengajaran yang ideal adalah SIMULTAN : Simultan artinya belajar secara bertahap dan bersinambungan, jika halaman pertama belum bisa ataupaham hindari ke halaman selanjutnya, jika menulis huruf B dan D masih terbalik-balik ya itu dulu yang dipelajari. Belajarlah dari mulai dari yang mudah dengan keterangan2 yang jelas. Kemampuan dasar Aritmatika sudah mulai senang hitung2 an, Logika belajar Sebab Akibat, Persepsi pandai omong,tapi sulit melakukan, IQ 110-130 Superior, kecerdasan nya dia atas anak rata2 seusianya. Potensi harus terus distimulus dengan kegiatan2 yang merangsang kecerdasa...

Adab Kepada Kaka - Bermain

Bismillah. Sering kali Naira berteriak kencang dan merebut mainan atau barang yang sedang dipegang kaka alula. Dan ketika Alula tidak nyaman, naira sering sekali memaksa untuk bermain bersamanya. Tantangan hari ke 12 "Berbaktilah kepada ibu dan bapakmu,  dan saudaramu, kemudian yang lebih di bawahnya lagi, dan yang dibawahnya lagi." Kali ini saya melakukan BRP pada Naira. Teteh, gimana cara berbicara yang sopan sama kaka? "Kakaaaaa" ( agak berteriak) Lebih lembut lagi ya sayang "Kakaaaa" (kini lembut) Pinter Jadi kalau bicara sama kaka? "harus lembut dan sopan" Iya Kalau kaka yang duluan pegang mainan,  artinya itu hak siapa? "Hak kaka" Kalau teteh mau boleh ga? "Boleh" Asalkan? "Minta izin dulu" Kalau diizinkan? Bilang terimakasih Kalau ga diizinkan? "Jangan paksa, tunggu sampai kaka selesai" Iya pinter, teteh udah ngerti yaaa Sekarang, kalau teteh mau main sam...

Adab Menjaga Dede Bayi

Bismillah. Alhamdulillah sekarang zayna sudah belajar merangkak, selangkah 2 langkah. Dan dia mulai bisa meraih mainan atau benda-benda yang agak jauh dari jangkauannya. Alhasil, dia bisa meraih benda-benda yang lagi dipegang kaka dan teteh. Naaaah, mereka pada kaget kaaan, adik bayi nya jadi brutal begini. Biasanya diem aja senyam senyum. Kini ambil ini itu, sampe sobekin dan makanin buku-buku. Reflekslah mekera bilang, "Iiiih dede nakal!" Tantangan hari ke 21 Kali ini saya BRP tentang bayi ini. Kenapa sang bayi mengambil dan merebut benda-benda yang sedang dipegang, kemudian memakan benda itu, sehingga jadi rusak. Meluruskan, bahwa perilaku bayi itu bukan nakal, itu namanya belajar cara bayi. Nanti lama-lama bayi akan pintar seperti kaka dan teteh. ( beri apresiasi ) Lalu roleplaying, bapanya yang jadi bayi. Mereka giliran kebagian tugas menjaga bayi, ketika mamam masak. Apa yang harus dilakukan, ketika bayi mengambil benda yang harusnya tidak boleh dipegang...