Skip to main content

Adversity Quotient

✊๐Ÿป Sinergi AQ (Adversity Quotient) dalam Menyempurnakan Kemampuan Hidup untuk Survive ✊๐Ÿป

๐Ÿ’ƒ๐Ÿป๐ŸŒง"Life isn't about waiting for the storm to pass. It's learning to dance in the rain" -Vivian Greene-๐ŸŒง๐Ÿ’ƒ๐Ÿป

Kata mutiara ini begitu pas bersanding dengan bahasan tema AQ. Setiap individu memiliki pola pikir yang berbeda2 dalam memandang "Adversity" (tantangan, kesulitan, hambatan maupun emosi). Hanya individu yang ber AQ tinggi mampu bertahan hidup (survive).

๐Ÿ’ช๐Ÿป๐Ÿ’ช๐ŸปSecara umum, AQ menentukan kadar kemampuan seseorang mengatasi kemelut tanpa putus asa.

๐Ÿ˜‡Kekuatan Pikiran :
Dr. Fred Gage seorang neuroscientist terkenal dari Salk Institute berpendapat bahwa sebenarnya struktur otak seseorang dapat berubah melalui pengalaman. Struktur fisik dari otak dapat diubah melalui bagaimana kita berpengalaman terhadap pengalaman itu sendiri. Pola pikir seperti inilah yg memainkan peran penting seseorang dalam menghadapi "Adversity". Inilah mengapa AQ dapat membentuk realita kita (Stoltz, 2000 dalam Zhou Haijuan, 2009).

๐Ÿš€Hal senada juga disampaikan oleh dr. Amir Zuhdi. Struktur dan fungsi otak yang telah dilatih dengan kebiasaan berpikir konstruktif (membangun) akan menghasilkan sikap dan perilaku mulia.

๐Ÿ’‰๐Ÿ’‰๐ŸŒกTinjauan AQ dari segi psikoneuroimunologi (PNI) menyebutkan bahwa AQ memegang peran penting dalam kontrol stabilitas kesehatan dan mempengaruhi fungsi imunitas/kekebalan tubuh, pemulihan pasca operasi, kerentanan hidup terhadap ancaman penyakit. Jika respon AQ lemah maka akan mudah memicu terjadinya depresi.

๐ŸŒทAQ bukanlah anugerah (given) tapi bisa dipelajari melalui latihan tertentu yang bisa diinstall pada diri kita.
Berikut aspek perkembangan yang harus diperhatikan untuk memupuk AQ climber putra putri kita : ๐Ÿšต๐Ÿป
1. Fisik dan kesehatan
2. Daya tahan mental
3. Kestabilan emosi
4. Kemampuan sosial
5. Keimanan dan ibadah kepada Allah
6. Keterampilan dan seksualitas yang normal

⁉Bagaimana melatih AQ?
Melatih AQ dapat kita mulai dari menajamkan indera untuk berpikir dan menarik pelajaran/hikmah dari setiap tantangan hidup.

๐Ÿน Berikut 6 cara untuk meningkatkan AQ :
1. AQ on TV : belajar menarik hikmah dari karakter tayangan di televisi (misal : sinetron, iklan, berita, dll) melalui penajaman indera penglihatan
2. AQ on radio : belajar menajamkan indera pendengaran dan memperhatikan bagaimana sesorang mendiskripsikan sesuatu hingga tervisualisasi gambaran topik acara yang disampaikan.
3. AQ in conversation : belajar menyimak diskusi
4. Reading for AQ : belajar bagaimana karakter penulis
5. AQ in art : belajar bagaimana orang berkomunikasi melalui seni
6. AQ on the net : eksplor iklan dan analisa bahasa yang digunakan orang lain untuk mempromosikan bisnisnya. Perhatikan bagaimana kontrol website tersebut terhadap perhatian kita.

๐Ÿ•น Berhati-hati lah :
๐Ÿ‘ธ๐Ÿป๐Ÿคด๐Ÿป Dampak AQ yang tak terasah pada anak?
Muncullah istilah :
๐Ÿคด๐Ÿป Peter pan syndrome : laki laki yang tak pernah dewasa. Sudah aqil scr biologis, namun belum baligh scr psikologis dan belum siap menanggung beban. Terbiasa hidup nyaman tanpa tanggung jawab, tdk suka bekerja keras, kurang PD, enggan hidup sendiri dan bergantung pd orang lain
๐Ÿ‘ธ๐Ÿป Cinderella complex : wanita yang karakternya senantiasa berharap "prince charming" krn tak mampu menghadapi kesulitan hidup akibat sering dilindungi, serta enggan berjuang mengerahkan seluruh kemampuan nya.

๐ŸŽฑ๐Ÿ”ฎ⚽ Analogi jenis bola yang utk memandu AQ anak :
๐ŸŽฑ Bola besi : anak yg terlalu keras dihadapkan dgn beban berat tanpa pemahaman dan pendampingan akan mudah emosi. Bersikap keras dan beresiko merusak sekitarnya. Bayangkan jika bola besi jatuh ke lantai, maka lantai pun akan pecah.

๐Ÿ”ฎ Bola kaca : anak yg dibesarkan dgn penuh rasa perlindungan tinggi (over protective) akan mudah rapuh saat ia jatuh. Karena tak terbiasa menghadapi kesulitan.

⚽ Bola karet : anak yg dibesarkan dgn tarik ulur dalam mengontrol nya, diberikan kesempatan utk mandiri dan bertanggung jawab atas pekerjaannya. Jika anak tipe ini "jatuh" maka akan mudah melenting dan bangkit dari kesulitan.

๐Ÿ“‹ Sumber bacaan :

The Adversity Quotient and Academic Performance among College Students at St. Joseph's College Quezon City, by Zhou Haijuan, 2009.

Amir Zuhdi, dr. Pikiran/Perasaan Anda Mengubah Otak Anda, 2016.

Catatan pribadi penulis (Nurya)

Popular posts from this blog

Hasil Psikotes Alula - Cara Membaca

Bismillah. Beberapa waktu lalu, alula mengikuti psikotes yang diadakan pihak sekolah. Alhamdulillah hasilnya sudah launching.   Tingkat perkembangan intelektual : 90-109 itu normal utk anak/orang rata-rata sebayanya. Porsi bermain dan belajar harus pas, materi pelajaran jangan berlebihan (khususnya yang masih dibawah 7 tahun) sampai mencuri waktunya bermain, sehingga menjadi stress. Tehnik pengajaran yang ideal adalah SIMULTAN : Simultan artinya belajar secara bertahap dan bersinambungan, jika halaman pertama belum bisa ataupaham hindari ke halaman selanjutnya, jika menulis huruf B dan D masih terbalik-balik ya itu dulu yang dipelajari. Belajarlah dari mulai dari yang mudah dengan keterangan2 yang jelas. Kemampuan dasar Aritmatika sudah mulai senang hitung2 an, Logika belajar Sebab Akibat, Persepsi pandai omong,tapi sulit melakukan, IQ 110-130 Superior, kecerdasan nya dia atas anak rata2 seusianya. Potensi harus terus distimulus dengan kegiatan2 yang merangsang kecerdasannya

Adab ke Toilet

Bismillah. Sudah beberaha hari ini, Naira mengompol. Entah itu baru sedikit pipis di celana dalam, ataupun ngompol. Saya jadi mulai terpancing emosinya. Kesal, karena setiap disuruh pipis ke toilet, Naira selalu menolaknya. Dan akhirnya ngompol. Tantangan hari ke 19 Kali ini saya BRP tentang kapan harus ke toilet Teteh, kalau ada rasa menggelitik di perut bawah ( sambil disentuh di bagian kendung kemih) itu tandanya "pengen pipis" Jadi teteh harus? "ke toilet" Sebelumnya harus apa? "buka celana dulu baru jongkok di toilet" Iyaaa pinteeer.. Kalau mamam suruh pipis? "tinggal buka celana terus pipis ditoilet" Jangan apa? "jangan tahan pipis" Nanti apa? "nanti ngompol" Kalau ngompol? "nanti mamam marah" Eaaaaaaaa. Ihihihi Selain marah apa? "nanti air pipis nya kemana-mana, najis" Iya, berarti mamam harus apa? "harus ngepel sama nyuci celana bekas ompol Iya..

PANDU 45

Spesial dari Bu Septi ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ PANDU 45 Buat ayah bunda yang kesulitan membersamai anak menemukan bakatnya, kami membuatkan panduan berbagai macam aktivitas yang bisa anda gunakan untuk menjadi pedoman berbagai macam aktivitas yang dilakukan anak-anak. Sebelum mereka berusia 16 th, perbanyaklah ragam kegiatan anak, sehingga mereka kaya akan wawasan, kaya akan kegiatan, sehingga di usia produktifnya nanti akan muncuk kekayaan gagasannya. Jangan buru-buru ditestkan beragam macam test bakat jenis apapun. Kita diberikan kekuatan mata hati dan mata fisik kita sebagai orangtua. Cara ini sangat mahal dibandingkan dengan mengikutkan anak-anak dengan beragam tes bakat. Karena cara ini tidak bisa dibayar dengan uang, tapi harus dibayar dengan waktu anda, pikiran anda dan hati anda untuk anak-anak. Ebook yang kami susun inipun mahal, tidak bisa dibayar dengan uang, tapi dibayar dengan kemauan anda menemani anak-anak menemukan jalan hidupnya dengan sabar, rileks, tidak menggegas dan ti