Skip to main content

Kerangka Aktifitas Pendidikan Berbasis Fitrah dan Akhlaq

πŸ”° πŸ”°
2018-2020


¶ Cluster Usia : Pre AB 0-6 thn
¶ Referensi:
- Tarbiyatul Aulad
- Prophetic Parenting
- 10 Materi Pokok HEbAT Community
- Fitrah Based Education
- Pengembangan tematik diknas

1⃣ Penguatan dan Tema FBE untuk orangtua

Outputnya :
- Menggugah kesadaran
- Menguatkan pemahaman
- Menerapkan yang dipahami
- Melakukan refleksi hasil penerapan

πŸ’ž QS. Ar-Ruum ayat 30 dan QS. Al-A'raaf ayat 172 - 173
πŸ’ž Kewajiban Mendidik
 Fitrah Orang Tua (keimanan, emosional, akal)
πŸ’ž Pengenalan 8 Fitrah Anak
πŸ’ž Tazkiyatun Nafs
πŸ’ž Makna dan Fungsi HE
πŸ’ž Visi, misi, tujuan, maksud penciptaan
πŸ’ž Komunikasi produktif ayah dan bunda
πŸ’ž Belajar bersama tentang HE
πŸ’ž EMISOL terhadap potensi unik orangtua
πŸ’ž Perkuat bonding bersama anak
πŸ’ž Perkaya wawasan anak dengan berbagai konsep pendidikan saat usia sekolah
πŸ’ž Iqra' dan Tholabul 'Ilmi

2⃣ Penguatan dan Tema FBE untuk anak

✓ Fokus dan Penekanan
- Fase egosentris
- Perkaya pengalaman aktifitas sensor motorik
- Kuat dalam aktifitas imajinasi dan abstrak
✓ Peran sosial & penilaian
- Anak usia ini belum punya tanggungjawab sosial
- Aamati dan dokumentasikan pengalaman belajar spontannya
✓ Relasi anak dan orangtua
Anak sebagai subjek bermain, orangtua sebagai fasilitator
✓ Pencapaian yang diharapkan :
1. Fitrah Keimanan
--> Anak menyadari Allah sebagai Rabb/pencipta (Tauhid Rubbubiyah), dengan imaji dan kecintaan
2. Fitrah Perkembangan
--> Anak mendapatkan haq pendidikan melalui manajemen ASI
3. Fitrah Belajar dan Nalar
--> Anak mengenal dan memahami bahasa ibunya
--> Anak memahami kearifan lokal (nilai nilai baik lingkungan terdekat)
--> Perawatan&penguatan konsep alam sekitar melalui imaji dan abstraksi (bermain bersama alam)
4. Fitrah Bakat dan Kepemimpinan
--> Mengenal konsep diri dan sifat uniknya melalui imaji positif
5. Fitrah Seksualitas dan Cinta
--> Mengenal dan memahami konsep identitas gender melalui kelekatan dengan ayah&ibu
6. Fitrah Estetika dan Bahasa
-->  Penguatan konsep keindahan melalui inderawi dan imaji (abstraksi)
7. Fitrah Individual dan Sosialitas
--> Penguatan egosentris dalengan menghargai Ego dan pemuasannya
8. Fitrah Jasmani
--> Anak mengenal dan memahami pola kebutuhan makan, tidur, bersih dan gerak

Tema FBE :
1. Diri sendiri
- Aku
- Panca indra
- Kesukaanku
2. Lingkungannya
- Keluargaku
- Guna, macam dan jenis rumah
- Bagian, perkakas, dan Lingkungan rumah
- Taman, Kebun, Halaman
3. Kebutuhanku
- Makanan & minuman
- Pakaian
- Kebersihan & kesehatan
- Keamanan
4. Binatang
- Jenis & Ciri binatang
- Tempat & hidup binatang
- Makanan, bahaya dan guna binatang
5. Tanaman
- Macam & fungsi tanaman
- Bagian tanaman
- Memelihara tanaman
6. Rekreasi
Tempat rekreasi, kendaraan, macam-macam kendaraan
7. Pekerjaan
Macam-macam pekerjaan, tempat bekerja, perlengkapan bekerja, hasil pekerjaan
8. Air Udara Api
Manfaat air, sumber air, kegunaan udara, sumber api, sifar api, warna api
9. Alat Komunikasi
Macam-macam alat komunikasi, bentuk alat komunikasi, benda pos
10. Tanah Airku
Nama negara, lambang negara, warna bendera, hari-hari besar
11. Alam Semesta
Macam-macam gejala alam, matahari bulan bintang bumi, Kehidupan di kota, desa, pesisir dan pegunungan.

✓ Bentuk kegiatan/metode : Experiental Learning
Game
Simulasi
Outbond
Tadabbur alam
Nonton bareng
Olahraga
Bermain peran
Camping, dll
* (Outdoor + Indoor)

3⃣ Community Based Education
(CBE)

✓ Diharapakan keluarga besar HEbAT Bandung, memahami dan mempraktekkan :
1) Apa dan Bagaimana CBE
2) Urgensi CBE
3) Kesadaran mendidik berjama'ah
4) Kegiatan bersama keluarga di lingkungan sekitar maupun antar keluarga HE
5) Inisiasi dan Koordinasi Bentuk CBE
a. Organized or Non Organized
b. Formal or Non Formal
6) Kerjasama Jaringan
a. Antar Lembaga
b. Antar Komunitas
c. Lingkungan Masyarakat terdekat, dsb

✓ Kegiatan berupa:
Online ➡ diskusi, sharing session, KulWAp, bedah buku, dsj
Offline ➡ aktivitas bersama keluarga, outing, playdate, training, seminar, workshop, club bakat, dan lain lain
----------------------------------------------------
πŸŒ€Dirancang oleh:
Pengurus Daerah Bandung

Popular posts from this blog

Hasil Psikotes Alula - Cara Membaca

Bismillah. Beberapa waktu lalu, alula mengikuti psikotes yang diadakan pihak sekolah. Alhamdulillah hasilnya sudah launching.   Tingkat perkembangan intelektual : 90-109 itu normal utk anak/orang rata-rata sebayanya. Porsi bermain dan belajar harus pas, materi pelajaran jangan berlebihan (khususnya yang masih dibawah 7 tahun) sampai mencuri waktunya bermain, sehingga menjadi stress. Tehnik pengajaran yang ideal adalah SIMULTAN : Simultan artinya belajar secara bertahap dan bersinambungan, jika halaman pertama belum bisa ataupaham hindari ke halaman selanjutnya, jika menulis huruf B dan D masih terbalik-balik ya itu dulu yang dipelajari. Belajarlah dari mulai dari yang mudah dengan keterangan2 yang jelas. Kemampuan dasar Aritmatika sudah mulai senang hitung2 an, Logika belajar Sebab Akibat, Persepsi pandai omong,tapi sulit melakukan, IQ 110-130 Superior, kecerdasan nya dia atas anak rata2 seusianya. Potensi harus terus distimulus dengan kegiatan2 yang merangsang kecerdasa...

Adab Kepada Kaka - Bermain

Bismillah. Sering kali Naira berteriak kencang dan merebut mainan atau barang yang sedang dipegang kaka alula. Dan ketika Alula tidak nyaman, naira sering sekali memaksa untuk bermain bersamanya. Tantangan hari ke 12 "Berbaktilah kepada ibu dan bapakmu,  dan saudaramu, kemudian yang lebih di bawahnya lagi, dan yang dibawahnya lagi." Kali ini saya melakukan BRP pada Naira. Teteh, gimana cara berbicara yang sopan sama kaka? "Kakaaaaa" ( agak berteriak) Lebih lembut lagi ya sayang "Kakaaaa" (kini lembut) Pinter Jadi kalau bicara sama kaka? "harus lembut dan sopan" Iya Kalau kaka yang duluan pegang mainan,  artinya itu hak siapa? "Hak kaka" Kalau teteh mau boleh ga? "Boleh" Asalkan? "Minta izin dulu" Kalau diizinkan? Bilang terimakasih Kalau ga diizinkan? "Jangan paksa, tunggu sampai kaka selesai" Iya pinter, teteh udah ngerti yaaa Sekarang, kalau teteh mau main sam...

Adab Menjaga Dede Bayi

Bismillah. Alhamdulillah sekarang zayna sudah belajar merangkak, selangkah 2 langkah. Dan dia mulai bisa meraih mainan atau benda-benda yang agak jauh dari jangkauannya. Alhasil, dia bisa meraih benda-benda yang lagi dipegang kaka dan teteh. Naaaah, mereka pada kaget kaaan, adik bayi nya jadi brutal begini. Biasanya diem aja senyam senyum. Kini ambil ini itu, sampe sobekin dan makanin buku-buku. Reflekslah mekera bilang, "Iiiih dede nakal!" Tantangan hari ke 21 Kali ini saya BRP tentang bayi ini. Kenapa sang bayi mengambil dan merebut benda-benda yang sedang dipegang, kemudian memakan benda itu, sehingga jadi rusak. Meluruskan, bahwa perilaku bayi itu bukan nakal, itu namanya belajar cara bayi. Nanti lama-lama bayi akan pintar seperti kaka dan teteh. ( beri apresiasi ) Lalu roleplaying, bapanya yang jadi bayi. Mereka giliran kebagian tugas menjaga bayi, ketika mamam masak. Apa yang harus dilakukan, ketika bayi mengambil benda yang harusnya tidak boleh dipegang...