Skip to main content

Kerangka Aktifitas Pendidikan Berbasis Fitrah dan Akhlaq

πŸ”° πŸ”°
2018-2020


¶ Cluster Usia : Pre AB 0-6 thn
¶ Referensi:
- Tarbiyatul Aulad
- Prophetic Parenting
- 10 Materi Pokok HEbAT Community
- Fitrah Based Education
- Pengembangan tematik diknas

1⃣ Penguatan dan Tema FBE untuk orangtua

Outputnya :
- Menggugah kesadaran
- Menguatkan pemahaman
- Menerapkan yang dipahami
- Melakukan refleksi hasil penerapan

πŸ’ž QS. Ar-Ruum ayat 30 dan QS. Al-A'raaf ayat 172 - 173
πŸ’ž Kewajiban Mendidik
 Fitrah Orang Tua (keimanan, emosional, akal)
πŸ’ž Pengenalan 8 Fitrah Anak
πŸ’ž Tazkiyatun Nafs
πŸ’ž Makna dan Fungsi HE
πŸ’ž Visi, misi, tujuan, maksud penciptaan
πŸ’ž Komunikasi produktif ayah dan bunda
πŸ’ž Belajar bersama tentang HE
πŸ’ž EMISOL terhadap potensi unik orangtua
πŸ’ž Perkuat bonding bersama anak
πŸ’ž Perkaya wawasan anak dengan berbagai konsep pendidikan saat usia sekolah
πŸ’ž Iqra' dan Tholabul 'Ilmi

2⃣ Penguatan dan Tema FBE untuk anak

✓ Fokus dan Penekanan
- Fase egosentris
- Perkaya pengalaman aktifitas sensor motorik
- Kuat dalam aktifitas imajinasi dan abstrak
✓ Peran sosial & penilaian
- Anak usia ini belum punya tanggungjawab sosial
- Aamati dan dokumentasikan pengalaman belajar spontannya
✓ Relasi anak dan orangtua
Anak sebagai subjek bermain, orangtua sebagai fasilitator
✓ Pencapaian yang diharapkan :
1. Fitrah Keimanan
--> Anak menyadari Allah sebagai Rabb/pencipta (Tauhid Rubbubiyah), dengan imaji dan kecintaan
2. Fitrah Perkembangan
--> Anak mendapatkan haq pendidikan melalui manajemen ASI
3. Fitrah Belajar dan Nalar
--> Anak mengenal dan memahami bahasa ibunya
--> Anak memahami kearifan lokal (nilai nilai baik lingkungan terdekat)
--> Perawatan&penguatan konsep alam sekitar melalui imaji dan abstraksi (bermain bersama alam)
4. Fitrah Bakat dan Kepemimpinan
--> Mengenal konsep diri dan sifat uniknya melalui imaji positif
5. Fitrah Seksualitas dan Cinta
--> Mengenal dan memahami konsep identitas gender melalui kelekatan dengan ayah&ibu
6. Fitrah Estetika dan Bahasa
-->  Penguatan konsep keindahan melalui inderawi dan imaji (abstraksi)
7. Fitrah Individual dan Sosialitas
--> Penguatan egosentris dalengan menghargai Ego dan pemuasannya
8. Fitrah Jasmani
--> Anak mengenal dan memahami pola kebutuhan makan, tidur, bersih dan gerak

Tema FBE :
1. Diri sendiri
- Aku
- Panca indra
- Kesukaanku
2. Lingkungannya
- Keluargaku
- Guna, macam dan jenis rumah
- Bagian, perkakas, dan Lingkungan rumah
- Taman, Kebun, Halaman
3. Kebutuhanku
- Makanan & minuman
- Pakaian
- Kebersihan & kesehatan
- Keamanan
4. Binatang
- Jenis & Ciri binatang
- Tempat & hidup binatang
- Makanan, bahaya dan guna binatang
5. Tanaman
- Macam & fungsi tanaman
- Bagian tanaman
- Memelihara tanaman
6. Rekreasi
Tempat rekreasi, kendaraan, macam-macam kendaraan
7. Pekerjaan
Macam-macam pekerjaan, tempat bekerja, perlengkapan bekerja, hasil pekerjaan
8. Air Udara Api
Manfaat air, sumber air, kegunaan udara, sumber api, sifar api, warna api
9. Alat Komunikasi
Macam-macam alat komunikasi, bentuk alat komunikasi, benda pos
10. Tanah Airku
Nama negara, lambang negara, warna bendera, hari-hari besar
11. Alam Semesta
Macam-macam gejala alam, matahari bulan bintang bumi, Kehidupan di kota, desa, pesisir dan pegunungan.

✓ Bentuk kegiatan/metode : Experiental Learning
Game
Simulasi
Outbond
Tadabbur alam
Nonton bareng
Olahraga
Bermain peran
Camping, dll
* (Outdoor + Indoor)

3⃣ Community Based Education
(CBE)

✓ Diharapakan keluarga besar HEbAT Bandung, memahami dan mempraktekkan :
1) Apa dan Bagaimana CBE
2) Urgensi CBE
3) Kesadaran mendidik berjama'ah
4) Kegiatan bersama keluarga di lingkungan sekitar maupun antar keluarga HE
5) Inisiasi dan Koordinasi Bentuk CBE
a. Organized or Non Organized
b. Formal or Non Formal
6) Kerjasama Jaringan
a. Antar Lembaga
b. Antar Komunitas
c. Lingkungan Masyarakat terdekat, dsb

✓ Kegiatan berupa:
Online ➡ diskusi, sharing session, KulWAp, bedah buku, dsj
Offline ➡ aktivitas bersama keluarga, outing, playdate, training, seminar, workshop, club bakat, dan lain lain
----------------------------------------------------
πŸŒ€Dirancang oleh:
Pengurus Daerah Bandung

Popular posts from this blog

Hasil Psikotes Alula - Cara Membaca

Bismillah. Beberapa waktu lalu, alula mengikuti psikotes yang diadakan pihak sekolah. Alhamdulillah hasilnya sudah launching.   Tingkat perkembangan intelektual : 90-109 itu normal utk anak/orang rata-rata sebayanya. Porsi bermain dan belajar harus pas, materi pelajaran jangan berlebihan (khususnya yang masih dibawah 7 tahun) sampai mencuri waktunya bermain, sehingga menjadi stress. Tehnik pengajaran yang ideal adalah SIMULTAN : Simultan artinya belajar secara bertahap dan bersinambungan, jika halaman pertama belum bisa ataupaham hindari ke halaman selanjutnya, jika menulis huruf B dan D masih terbalik-balik ya itu dulu yang dipelajari. Belajarlah dari mulai dari yang mudah dengan keterangan2 yang jelas. Kemampuan dasar Aritmatika sudah mulai senang hitung2 an, Logika belajar Sebab Akibat, Persepsi pandai omong,tapi sulit melakukan, IQ 110-130 Superior, kecerdasan nya dia atas anak rata2 seusianya. Potensi harus terus distimulus dengan kegiatan2 yang merangsang kecerdasannya

Adab ke Toilet

Bismillah. Sudah beberaha hari ini, Naira mengompol. Entah itu baru sedikit pipis di celana dalam, ataupun ngompol. Saya jadi mulai terpancing emosinya. Kesal, karena setiap disuruh pipis ke toilet, Naira selalu menolaknya. Dan akhirnya ngompol. Tantangan hari ke 19 Kali ini saya BRP tentang kapan harus ke toilet Teteh, kalau ada rasa menggelitik di perut bawah ( sambil disentuh di bagian kendung kemih) itu tandanya "pengen pipis" Jadi teteh harus? "ke toilet" Sebelumnya harus apa? "buka celana dulu baru jongkok di toilet" Iyaaa pinteeer.. Kalau mamam suruh pipis? "tinggal buka celana terus pipis ditoilet" Jangan apa? "jangan tahan pipis" Nanti apa? "nanti ngompol" Kalau ngompol? "nanti mamam marah" Eaaaaaaaa. Ihihihi Selain marah apa? "nanti air pipis nya kemana-mana, najis" Iya, berarti mamam harus apa? "harus ngepel sama nyuci celana bekas ompol Iya..

PANDU 45

Spesial dari Bu Septi 🎁🎁🎁 PANDU 45 Buat ayah bunda yang kesulitan membersamai anak menemukan bakatnya, kami membuatkan panduan berbagai macam aktivitas yang bisa anda gunakan untuk menjadi pedoman berbagai macam aktivitas yang dilakukan anak-anak. Sebelum mereka berusia 16 th, perbanyaklah ragam kegiatan anak, sehingga mereka kaya akan wawasan, kaya akan kegiatan, sehingga di usia produktifnya nanti akan muncuk kekayaan gagasannya. Jangan buru-buru ditestkan beragam macam test bakat jenis apapun. Kita diberikan kekuatan mata hati dan mata fisik kita sebagai orangtua. Cara ini sangat mahal dibandingkan dengan mengikutkan anak-anak dengan beragam tes bakat. Karena cara ini tidak bisa dibayar dengan uang, tapi harus dibayar dengan waktu anda, pikiran anda dan hati anda untuk anak-anak. Ebook yang kami susun inipun mahal, tidak bisa dibayar dengan uang, tapi dibayar dengan kemauan anda menemani anak-anak menemukan jalan hidupnya dengan sabar, rileks, tidak menggegas dan ti