Skip to main content

Pengaruh Memori dalam Belajar

๐Ÿ‰Cemilan ke-4๐Ÿ‰
Rabu, 21 Februari 2018

_Materi ke-4_
_Menstimulasi Gaya Belajar Anak_


๐Ÿ” *Pengaruh Memori dalam Belajar*๐Ÿ”Ž


*Definisi Memori*

Para ahli memberikan pengertian bermacam-macam tentang memori. Pada umumnya memandang memori sebagai hubungan dengan pengalaman masa lampau. Dengan adanya kemampuan untuk mengingat, manusia mampu menyimpan dan menimbulkan kembali apa yang telah pernah dialaminya.

Memori atau ingatan adalah proses memasukkan, menyimpan, dan mengeluarkan kembali informasi dan pengalaman yang kita peroleh. Menurut Andersen (1997) memori adalah rekaman pengalaman yang relatif permanen yang mendasari perilaku belajar. Kaitan memori dengan belajar adalah, belajar mengacu pada proses adaptasi perilaku terhadap pengalaman, dan memori menunjuk pada rekaman permanen yang mendasari adaptasi tersebut.

*Proses dan Macam-macam Memori*

_Para peneliti mempelajari dan membagi proses memori menjadi tiga tahap yaitu,_

-Tahap Akuisisi (perolehan) bagaimana informasi pada mulanya ditempatkan atau disandikan kedalam memori.

-Tahap Retensi (penyimpanan) bagaimana informasi dipertahankan atau disimpan setelah disandikan,

-Tahap Retrieval ( pemunculan kembali) dan bagaimana informasi ditemukan kembali untuk tujuan tertentu proses dasar yang dibutuhkan oleh memori.

๐ŸŽ€Memori Sensoris ( _Sensory memory_) adalah Informasi yang langsung diterima oleh alat indera dan akan hilang dalam waktu satu detik.

๐ŸŽ€Memori Jangka pendek ( _short term memory_)  adalah sistem memori dengan kapasitas terbatas dimana informasi lazimnya disimpan selama 15 s.d 25 detik. Memori jangka pendek ini dapat kita tingkatkan dengan metode _Chunking_ yaitu membagi-bagi informasi kedalam unit-unit tertentu. Misal menghafal password 242587 menjadi 24-25-87

๐ŸŽ€Memori Jangka panjang ( _Long Therm Memory_) adalah tipe memori yang relatif permanen dan tidak terbatas. Memori jangka panjang dibagi kembali yaitu:

-Memori Deklaratif, berisi informasi-informasi faktual, terdiri dari memori semantik ( ingatan tentang pengetahuan/ fakta umum, contoh: ibu kota Indonesia adalah Jakarta).

- Memori Episodik, ingatan tentang pengalaman personal atau tentang suatu peristiwa. Misal: tentang peristiwa awal perkenalan dengan suami.

-Memori Prosedural, ingatan atau memori yang berhubungan dengan keterampilan melakukan sesuatu, misal kemampuan mengendarai sepeda.

๐Ÿ’ก *Faktor-faktor yang mempengaruhi memori*๐Ÿ’ก

-Faktor Usia, ingatan paling kuat pada diri individu terjadi pada masa anak-anak menuju remaja ( 10-14 tahun).

-Kondisi fisik, misalnya kelelahan, sakit, kurang tidur, dapat menurunkan daya kerja atau prestasi ingatan

-Emosi, dalam hal ini seseorang  akan mengingat sesuatu lebih baik, apabila peritiwa-peristiwa itu menyentuh perasaan, sedangkan kejadian yang tidak menyentuh emosi seringkali diabaikan.

-Minat dan motivasi, dalam pengalaman sehari-hari, orang yang sering bepergian mempunyai ingatan tentang ilmu bumi yang jauh lebih baik dari pada yang tidak pernah bepergian, contoh lain anak- anak dan remaja yang tidak lupa lirik suatu lagu, meski dalam bahasa asing. Artinya disini seseorang yang mengingat segala sesuatu tentang hal yang disukainya jauh lebih baik dari pada yang tidak disukainya. Minat akan meningkatkan motivasi dan gilirannya akan meningkatan daya ingat.

Seringkali dalam belajar, kita kurang bisa mengingat semua yang kita pelajari. Dan belajar erat hubungannya dengan memori/ ingatan, dan terkadang karena beberapa faktor, kita menjadi _lupa_

Mengingat adalah memunculkan kembali informasi pada saat dibutuhkan. Jika informasi yang kita butuhkan tersebut tidak dapat dimunculkan kembali secara utuh, maka itulah yang disebut dengan _Lupa_.

⌛ *_Mengapa kita Lupa??_*

-Teori Atropi ( _Decay Theory_ ), lupa terjadi karena informasi yang pernah kita simpan tidak pernah lagi dimunculkan.

-Teori Interfensi, informasi yang disimpan tidak hilang. Lupa terjadi karena informasi yang ada saling menghambat atau bercampur aduk.

-Teori Kegagalan mengingat kembali ( _Retrieval Failure Theory_), informasi yang pernah kita simpan tidak akan hilang. Lupa terjadi jika tidak didapatkan petunjuk yang cukup untuk memunculkan kembali informasi yang pernah disimpan dalam memori.

- _Motivated Forgetting_, lupa terjadi karena adanya dorongan untuk melupakan hal atau peristiwa yang tidak mengenakkan.

-Lupa karena sebab fisiologis ( _disfungsi memory_), kelupaan terjadi karena faktor fisiologis, yaitu karena prosea kimiawi, proses penuaan, proses degenerasi sel otak dan syaraf, misalnya: _Amnesia Retrograd_, yaitu lupa pada informasi yang telah lalu contohnya lupa nama sendiri, alamat rumah; _Amnesia anterograd_, lupa pada informasi yang baru saja masuk, contohnya lupa tadi baru saja makan ; _Penyakit Alzheimer_  lupa karena kerusakan sel otak secara progresif akibat kekurangan zat _neurotransmitter_ yang disebut Ach (Asetikolin).; _Sindrom Korsakoff_, lupa karena minum alkohol terus menerus dalam jangka waktu lama sehingga kekurangan vitamin B1.

๐Ÿ“Œ *Agar tidak mudah lupa, ada beberapa teknik yang bisa kita pakai:*

-Memakai teknik kata kunci, yaitu mengingat suatu kata dengan cara mengasosiasikannya dengan kata lain secara interaktif.

-Metode _Lokus_, menempatkan secara imaginer kata- kata yang akan diingat pada tempat-tempat tertentu yang sudah familiar bagi kita.

- _Encoding fenomena spesific_ , memanfaatkan karakteristik lingkungan atau materi yang mirip dengan karakteristik lingkungan atau materi ketika memasukkan informasi.

-Organisasi materi teks, yaitu ketika membaca materi tertulis, memahami struktur bacaan tersebut. Misalnya, mengajukan pertanyaan pada diri sendiri setelah membaca materi.

-Organisasi catatan kuliah, menggunakan teknik mencatat efektif yaitu menggunakan peta pikiran.

-Praktek dan latihan.

*Hubungan Memori dan Belajar*

Para ahli sepakat bahwa terdapat hubungan yang erat antara memori dan belajar (Syah dalam Khadijah, N (2009).  Seperti telah dikemukakan bahwa memori sesungguhnya adalah fungsi mental yang bekerja menangkap informasi dari stimulus, menyimpannya, dan mengungkapkannya kembali bila diperlukan. Sedang proses belajar yang kita ketahui adalah sebuah proses yang melibatkan pengolahan dan penyimpanan informasi, dan hasil belajar bisa diketahui melalui proses pengungkapan kembali apa yang telah diketahui oleh kita.  Dengan demikian, dalam belajar dibutuhkan  pemanfaatan kemampuan memori oleh individu guna menyerap informasi yang diterima, menyimpannya, dan memunculkannya kembali saat menjawab pertanyaan atau mempraktekkannya.



_Salam Ibu Profesional_

_Tim Fasilitator Bunda Sayang Batch#3_


_Referensi_

https://www.google.co.id/amp/s/psychologystudyclubuii.wordpress.com/2012/10/23/proses-berpikir-pada-anak-dan-pengaruhnya-terhadap-memori/amp/

https://www.google.co.id/amp/s/klinikanakkesulitanbelajar.wordpress.com/2016/10/14/memori-dan-kerja-otak/amp/

http://anasirwanbones.blogspot.co.id/2014/12/a.html?m=1

https://psikologi.net/proses-psikologis-dasar-belajar-dan-memori-sambungan/

Popular posts from this blog

Hasil Psikotes Alula - Cara Membaca

Bismillah. Beberapa waktu lalu, alula mengikuti psikotes yang diadakan pihak sekolah. Alhamdulillah hasilnya sudah launching.   Tingkat perkembangan intelektual : 90-109 itu normal utk anak/orang rata-rata sebayanya. Porsi bermain dan belajar harus pas, materi pelajaran jangan berlebihan (khususnya yang masih dibawah 7 tahun) sampai mencuri waktunya bermain, sehingga menjadi stress. Tehnik pengajaran yang ideal adalah SIMULTAN : Simultan artinya belajar secara bertahap dan bersinambungan, jika halaman pertama belum bisa ataupaham hindari ke halaman selanjutnya, jika menulis huruf B dan D masih terbalik-balik ya itu dulu yang dipelajari. Belajarlah dari mulai dari yang mudah dengan keterangan2 yang jelas. Kemampuan dasar Aritmatika sudah mulai senang hitung2 an, Logika belajar Sebab Akibat, Persepsi pandai omong,tapi sulit melakukan, IQ 110-130 Superior, kecerdasan nya dia atas anak rata2 seusianya. Potensi harus terus distimulus dengan kegiatan2 yang merangsang kecerdasannya

Adab ke Toilet

Bismillah. Sudah beberaha hari ini, Naira mengompol. Entah itu baru sedikit pipis di celana dalam, ataupun ngompol. Saya jadi mulai terpancing emosinya. Kesal, karena setiap disuruh pipis ke toilet, Naira selalu menolaknya. Dan akhirnya ngompol. Tantangan hari ke 19 Kali ini saya BRP tentang kapan harus ke toilet Teteh, kalau ada rasa menggelitik di perut bawah ( sambil disentuh di bagian kendung kemih) itu tandanya "pengen pipis" Jadi teteh harus? "ke toilet" Sebelumnya harus apa? "buka celana dulu baru jongkok di toilet" Iyaaa pinteeer.. Kalau mamam suruh pipis? "tinggal buka celana terus pipis ditoilet" Jangan apa? "jangan tahan pipis" Nanti apa? "nanti ngompol" Kalau ngompol? "nanti mamam marah" Eaaaaaaaa. Ihihihi Selain marah apa? "nanti air pipis nya kemana-mana, najis" Iya, berarti mamam harus apa? "harus ngepel sama nyuci celana bekas ompol Iya..

PANDU 45

Spesial dari Bu Septi ๐ŸŽ๐ŸŽ๐ŸŽ PANDU 45 Buat ayah bunda yang kesulitan membersamai anak menemukan bakatnya, kami membuatkan panduan berbagai macam aktivitas yang bisa anda gunakan untuk menjadi pedoman berbagai macam aktivitas yang dilakukan anak-anak. Sebelum mereka berusia 16 th, perbanyaklah ragam kegiatan anak, sehingga mereka kaya akan wawasan, kaya akan kegiatan, sehingga di usia produktifnya nanti akan muncuk kekayaan gagasannya. Jangan buru-buru ditestkan beragam macam test bakat jenis apapun. Kita diberikan kekuatan mata hati dan mata fisik kita sebagai orangtua. Cara ini sangat mahal dibandingkan dengan mengikutkan anak-anak dengan beragam tes bakat. Karena cara ini tidak bisa dibayar dengan uang, tapi harus dibayar dengan waktu anda, pikiran anda dan hati anda untuk anak-anak. Ebook yang kami susun inipun mahal, tidak bisa dibayar dengan uang, tapi dibayar dengan kemauan anda menemani anak-anak menemukan jalan hidupnya dengan sabar, rileks, tidak menggegas dan ti