Skip to main content

CODE OF CONDUCT HEbAT

 🔰Pedoman Etika Berperilaku 🔰
HEbAT Community

I. Pendahuluan
1⃣ DEFINISI
Komunitas "Home Education based on Akhlaq and Talents" (HEbAT) adalah grup diskusi dan berbagi mulai dari konsep pendidikan berbasis akhlaq dan potensi (fitrah), sampai kepada praktik dan menjalin kerjasama jaringan di lapangan. Kekuatan konsep pendidikan berbasis potensi ini ada pada keluarga dan jaringan komunitas, baik untuk pemagangan, keteladanan maupun kemandirian.
2⃣ MISI
"Membangkitkan peran keluarga dan komunitas dalam menumbuhkan dan merawat fitrah generasi peradaban Islam, serta mengantarkan generasi peradaban kepada peran peran peradaban terbaik dengan adab/akhlaq mulia"
3⃣ VISI
1. Dalam jangka waktu 24 bulan atau 2 tahun, diharapkan sudah ada 2500 orangtua yang telah  menyadari pentingnya peran ayah-bunda dalam pendidikan anak; sehingga pola asuh yang diterapkan kepada anak anaknya sesuai dengan fitrah mereka.
2. Dalam jangka waktu 5 tahun, diharapkan telah tercipta sinergi antara peran orang tua dan peran komunitas--dengan melibatkan diri dalam gerakan Pendidikan Berbasis Fitrah, melalui pelaksanaan kegiatan berbasis komunitas (CBE*) dan berbasis bisnis (CBB**). Diharapkan dalam jangka waktu ini pula telah terbentuk 10 CBE dan 5 CBB di seluruh Indonesia.
3. Dalam jangka 25 tahun, diharapkan telah terwujud peradaban Islam dengan generasi terbaik yang berperan sesuai misi spesifiknya sebagai rahmatan lil 'alamin.
4⃣ NILAI DASAR
Harmoni;  dapat bermakna Rahmatan lil 'alamin
Empati;  terhadap diri, keluarga & lingkungannya
Berani; bergerak/mengambil sikap selangkah di depan
Adab Islami;  bersikap/berakhlaq mulia
Terintegrasi; dalam shof/barisan yang rapi dan kuat
🔸baca: HEBAT 5i🔸
5⃣ GOAL/TUJUAN
Mengembalikan peran orangtua sebagaimana mestinya (sebagai pendidik utama dan pertama di rumah), dengan mengoptimalkan semua potensi fitrahnya (inside out).
6⃣ STRATEGI
Melalui sarana online maupun offline, kader kader memberikan penyadaran kepada orangtua dan calon orangtua, mengenai pentingnya menjadi orangtua sebagaimana mestinya dengan mengoptimalkan seluruh potensi fitrah anak anaknya.
7⃣ PROGRAM INTI
CBE
1. Kelompok usia di bawah 7 tahun (Belajar Bersama Alam, mengenal kearifan lokal, Bahasa Ibu)
2. Kelompok usia 7-12 tahun (Project-based Learning, ekpedisi, riset)
3. Kelompok usia 11-17 tahun (talent development , pemagangan, sertifikasi dll.)
4. Program/kegiatan CBE for Parents (fatherhood forum, Kuliah FBE series, workshop dll.)
CBB
Merancang dan membangun unit usaha bersama, sebagai bentuk dukungan operasional untuk kegiatan komunitas.
  Keterangan:
*CBE = Community Based Education
**CBB = Community Based Business
8⃣ PERAN PEMBERDAYAAN
HEbAT Community bersedia berperan sebagai influencer/katalisator bagi upaya pemberadaban anak bangsa melalui pendidikan berbasis rumah--dengan memfasilitasi elemen berbasis komunitas manapun (Posyandu, PKK dsb.), untuk mengembangkan pendidikan berbasis rumah; baik melalui konsep, program, pembelajaran maupun SDM                      

Code of Conduct (CoC)
 🔰Pedoman Etika Berperilaku🔰
HEbAT Community

II. Tata Kelola
1⃣ SME Utama
(Subject Matter Expert).
🔺 Komunitas HEbAT dibimbing dan dibina oleh 3 orang SME Utama, yaitu:
1. Bapak Adriano Rusfi
(Praktisi HE sejak 1990, aktivis dan konsultan pendidikan)
2. Bapak Harry Santosa
(Praktisi HE sejak 1994,
sekaligus founder MLC)
3. Ibu Septi Peni Wulandani
(Praktisi HE sejak 1996, sekaligus founder IIP)

2⃣ SME Pendamping.
🔺 Komunitas HEbAT menyiapkan SME pendamping yang berfungsi untuk memberikan materi pendalaman setelah 10 materi pokok selesai disampaikan. Mereka adalah:
1. Abah Rama Royani
2. Ust. M. Ferous
3. Achmad Ferzal
4. Dodik Mariyanto
5. Lendo Novo
6. Kak Sidik, "Dongeng Keliling"
3⃣ Narasumber Tamu
🔺 Narasumber tamu adalah narasumber untuk mengisi materi selingan, yang bersifat penguatan dan sesuai dengan Visi Misi Komunitas HEbAT.
4⃣ Keanggotaan
a) Terdiri atas sepasang suami dan Istri (atau salah satunya) dan calon suami atau istri muslim.
b) Anggota berhak:
- Mendapatkan materi, ilmu, dan informasi tentang HEbAT dari para SME maupun sesama anggota.
- Mengajukan pertanyaan kepada SME, pengurus, maupun antar member.
- Menjawab/ berbagi/curah pendapat yang berhubungan dengan Home Education (Pendidikan Rumah).
5⃣ Tim Tata Kelola
1. Pengurus Online (Grup Whatsapp)
Adalah tim yang menata dan mengelola grup Whatsapp nasional, kota atau wilayah.
Bergerak atas dasar kesediaan & kerjasama tim, yang memerankan fungsinya masing masing dengan tugas sbb:
🔹 Admin
a) Mengkondisikan grup/member, sebelum & sesudah diskusi (pengumuman, informasi, dll)
b) Bersama sama tim, melakukan kompilasi diskusi dan pemikiran di blog, Facebook & media sosial lainnya.
🔹 Host (Pemandu diskusi).
a) Bersama admin mencari referensi yang relevan, baik dari narasumber maupun dari luar narasumber.
b) Menghadirkan narasumber ke dalam grup dan menyambutnya.
c) Membuat suasana belajar/diskusi menjadi kondusif (nyaman, meriah, dan interaktif)
d) Mengingatkan jika ada postingan atau diskusi yang out of topic(OOT)
🔹 Co-Host
a) Menggantikan host jika mengalami kendala, sehingga tidak dapat melaksanakan tugasnya.
b) Merekap pertanyaan yang belum dijawab oleh SME/narasumber dan menanyakannya kembali.
🔹 Notulis
a) Membuat resume hasil diskusi, baik diskusi bersama SME atau narasumber maupun diskusi tematik antar-member.
b) Menyimpan rapi hasil diskusi jika tiba-tiba ada bahasan yang up to date, sehingga dapat dengan mudah digunakan kembali.
2. Pengurus Offline (Lapangan).
Adalah para member yang dengan kesadarannya bersedia berkumpul, bermusyawarah, dan menyamakan pandangan untuk menata dan mengelola program dan kegiatan pendidikan berbasis potensi (Fitrah) di lapangan.
🔸Pembagian tugas dan deskripsinya ditata menyesuaikan kondisi dan kearifan lokal masing masing daerah.
6⃣ Program dan Kegiatan.
1. Kuliah Whatsapp (Kulwapp)
a) Diskusi 10 Materi pokok (Matpok); dilaksanakan secara live di grup nasional atau daerah, dengan menghadirkan salah satu dari SME utama.
b) Diskusi materi pendamping/pendalaman; adalah diskusi materi penguatan yang relevan dengan materi pokok, dibahas lebih rinci dan mendalam. Menghadirkan narsum yang kompeten di bidangnya, baik dari dalam maupun luar keanggotaan HEbAT Community.
Catatan:
🔸 Durasi diskusi sekitar 1-2 jam atau sesuai kesepakatan dengan SME atau narasumber, dengan harapan agar diskusi benar benar hidup, menarik, bermanfaat & tidak menggangu aktivitas utama dalam keluarga.
🔸 Dipersilahkan melakukan diskusi santai di luar jadwal kulwapp, dengan topik yang sejalan dengan HEbAT Community.

2. Diskusi Offline.
Berupa seminar, workshop, training parenthood, bincang santai pendidikan berbasis potensi (fitrah).
Diadakan pada tingkat nasional maupun daerah, dengan sepengetahuan dan keterlibatan pengurus setempat.
3. Community Based Education (CBE).
Adalah praktik dan jalinan kerjasama jaringan (komunitas) di lapangan, dalam melaksanakan konsep pendidikan berbasis potensi (fitrah).            

Code of Conduct (CoC)
 🔰Pedoman Etika Berperilaku🔰
HEbAT Community

III. Etika Beronline
1⃣ Broadcast/Berbagi Informasi.
a) Tim mempersilahkan member untuk membagi informasi dari manapun yang bersifat spiritual, pendidikan dan sosial; baik berupa gambar maupun tulisan ke dalam grup dengan mencantumkan sumber/link yang dapat dipertanggungjawabkan.
b) Bila copy-paste, harap cantumkan sumber asalnya. Diharapkan tidak menggunakan istilah "copas dari grup sebelah".
c) Pastikan informasi yang akan dibagi adalah valid, akurat dan bermanfaat.
2⃣Promosi/Iklan Komersial
a) HEbAT Community merupakan grup yang fokus menjadi tempat belajar, berdiskusi & berbagi, sehingga tidak menyediakan ruang untuk promosi / iklan produk, jasa, maupun kegiatan yang bersifat komersial dalam bentuk hard selling maupun soft selling, kecuali melalui jaringan pribadi.
b) Adapun promosi yang diperbolehkan antara lain:
🔹Promosi kegiatan yang diselenggarakan oleh  HEbAT Community.
🔹Promosi kegiatan bertema pendidikan, keayah-bundaan, kegiatan sosial, keagamaan, pelestarian lingkungan, & kemanusiaan.
🔹Promosi bahan & alat penunjang teori & praktek Pendidikan Berbasis Fitrah seperti buku, e-book, CD, flashdisk dll., yang direkomendasikan oleh HEbAT Community.
c) Promosi / iklan diharapkan telah disampaikan & mendapat izin dari admin sebelum diposting di grup.
3⃣ Topik Diskusi/Informasi
a) Hindari berbicara politik, khilafiyah, ghibah dan kritik pemerintah.
b) Fokus pada solusi dan aksi                      

Code of Conduct (CoC)
 🔰Pedoman Etika Berperilaku 🔰
HEbAT Community

IV. Etika Berkomunikasi
1⃣ Mengedepankan kasih sayang, kelemah-lembutan, bijak,  dan berbaik sangka terhadap siapapun.
2⃣ Bertutur kata yang baik, benar dan bermanfaat.
3⃣ Dalam berdiskusi, berbagi dan menyebarkan informasi, upayakan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4⃣ Dalam berkomunikasi secara tertulis diperbolehkan menggunakan singkatan yang mudah dimengerti secara umum dan menggunakan jenis huruf ( font )normal.
V. Etika Berinteraksi
1⃣ Menjaga hubungan baik sesama anggota, serta menjalin silaturrahmi yang erat dalam rangka membangun nilai dan semangat mendidik bersama.
2⃣ Komitmen Anggota
a) Berusaha untuk hadir, aktif dan berbagi dalam setiap diskusi dan pertemuan yang diadakan (online maupun offline).
b) Bersedia membagi hasil diskusi dari notulis, melalui:
- Status di Facebook
- Pesan di Whatsapp
- Berbagi ke grup parenting
- Tulisan di blog
- Review
- Media lainnya, dengan mencantumkan sumber yang jelas & lengkap.
c) Keseriusan ayah-bunda sekalian dalam menimba serta mengamalkan ilmu dari HEbAT Community, insyaAllah akan menjadi catatan amal jariyah.
d) Komitmen ayah & bunda sekalian sangat diperlukan dalam grup ini, demi tercapainya pemahaman Misi Risalah yang lebih luas.
VI. Etika Berkomunitas
1⃣ Sesama anggota sangat dianjurkan untuk senantiasa mendahulukan semangat kebersamaan, sinergi dan kolaborasi dalam mengembangkan nilai nilai yang ada di HEbAT Community.
2⃣ Seluruh anggota HEbAT Community  di tingkat nasional maupun daerah, baik online maupun offline--dengan semangat berjamaah dalam barisan yang rapi & kokoh, diharapkan untuk terlibat aktif membangun sistem dan nilai nilai HEbAT dalam satu payung/rumah HEbAT Community.
3⃣ Membentuk komunitas/organisasi baru dengan prinsip atau sistem yang sama, dalam satu payung/rumah yang sama (HEbAT Community) adalah tidak diperkenankan.
VII. Etika Mengundurkan Diri
1⃣ Menghubungi pengurus atau admin grup kemudian izin/memberitahu untuk keluar dari grup atau komunitas.
2⃣ Menyampaikan kondisi, perasaan atau alasan keluar.
3⃣ Menunggu respon pengurus/admin, jika telah jelas, silahkan berpamitan di grup/komunitas dengan baik.
VIII. Mekanisme Tabayyun
1⃣ Pengurus dan anggota bersama-sama berusaha mentaati Code of Conduct  HEbAT Community.
2⃣ Jika ada hal hal yang diperlukan untuk memperoleh kejelasan, anggota dapat menghubungi pengurus pusat atau daerah.
3⃣ Jika ada pihak pihak yang berkeberatan dengan Code of Conduct ini, dipersilahkan menyampaikan dan bertabayyun kepada tim pengurus/admin.
IX. Konsekuensi Pelanggaran
1⃣ Pengurus yang berwenang akan melakukan pendekatan persuasif untuk mengingatkan pihak pihak yang terkait.
2⃣ Pengurus akan menegur dengan bijak pihak terkait agar kembali pada komitmen CoC.
3⃣ Pada kasus kasus yang tidak dapat ditolerir, apabila langkah 1 dan 2 tidak diindahkan maka pengurus dengan berat hati mengeluarkan ybs dari keanggotaan HEbAT Community  🏾
X. Penutup
Aturan lain yang tidak dan atau belum tercantum dalam CoC ini akan disesuaikan dengan kesepakatan bersama di Tim HEbAT Community Pusat untuk kemudian ditindaklanjuti oleh admin/pengurus untuk dimasukkan pada CoC apabila diperlukan                      

HEbAT-FAQ Dictionary
Versi 2.6.2

B
BBA - Belajar Bersama Alam
BBBC - Bahasa Bunda Bahasa Cinta
BBM - Belajar Bersama Maestro

C
CBB - Community Based Business
CBD - Community Bussiness Driven
CBE - Community Based Education
CoC - Code of Conduct
CLC - Community Learning Centre

D
DT - Design Thinking
Diswapp - diskusi whatsapp

E
EDIPROT -   Emphatize - Define - Ideate - Prototype n Test
EMISOL-    Empati - Imajinasi - Solusi

F
FBE - Fitrah Based Education
FU - Follow Up
FOT - Form Online Terpadu
FYI - for your information
FN - Fasilitator Nasional

G
GKN - Grup Kader Nasional

H
HE - Home Education
HS - Home Schooling
HEbAT - Home Education based on Akhlaq & Talents

I
IBL- Inquiry Based Learning
IC - Inner Child
IMHO - in my humble opinion

K
KU - Koordinator Utama
Kulwapp - kuliah Whatsapp
KBBM - Komunikasi Baik Benar Menyenangkan

L
LDM/R - Long Distance Marriage/Relationship

N
NHW - Nice HomeWork
NtMS - Noted to my Self

O
OR - Open Recruitment
OD - open discussion

P
PBL - Project Based Learning
PC - Personalized Curriculum

S
SD - Sambung Dongeng
SME - Subject Matter Expert
SR - Silent Reader
SS - Screen shot
SS - Sharing Santai
Shareloc - Share Location

T
TdT - Tour de Talents
TM -Talents Mapping
TMA- Talents Mapping Assessment
TN - Tazkiyatun Nafs
TT - Think Tank

W
WAG - Whatsapp Group


Disusun oleh: Tim Fasilitator Nasional HEbAT Community

🍒➖➖➖➖➖🌸🌸➖➖➖                      

🎓 Profil

👤 Nama : Adriano Rusfi
🔹Tempat & Tanggal Lahir: Bukit tinggi, 4 Maret 1964
🔹Pendidikan Terakhir: Psikologi, UI
🔹Domisili: Yogyakarta
🔹Ayah dari 4 orang anak
🔹SME Utama HEbAT Community

🔻Aktivitas Beliau antara lain :
* 1989 – 1992  Pimpinan Umum Majalah Wanita UMMI
* 1994 – 1995  Ka. Div Program P3UK
* 1995 – 1998  Direktur Program Sinergi Indonesia
* 1998 – 2002  Direktur Program INVENTRA
* 2002 – 2004   Direktur Utama PT. Sajadah Edutama Indonesia
* 2005 – 2007   Learning Manager PT. NSI Edukomunikasi
* 1995 – skrng  Konsultan SDM & Pendidikan independen
* 2000 - sekarang Konsultan Senior @PPSDM Consultant
* Anggota Dewan Pakar Masjid Salman ITB                      

🎓 Profil :

👤 Harry Santosa, M.Si
🔹Alumni FMIPA-UI
🔹Menikah dengan Roro Dwi Darodjati
🔹Ayah dari 5 putra & putri
🔹Founder Millenial Learning Center (MLC)
🔹Integrator Fitrah Based Education
🔹SME Utama HEbAT Community

🔻Aktivitas yang relevan dgn dunia pendidikan:
🔹Penggiat Pendidikan Rumah (Home Education)
🔹Dosen di MM-UI dan berbagai universitas (1992-2009)
🔹Pendiri Sekolah Alam Depok (2004)
🔹Pendiri Aulade Kid's Learning Centre (2002)
🔹Penulis buku "Fitrah Based Education"                      

🎓 Profil:

👤 Septi Peni Wulandani
🔹Ibu dari 3 orang anak
🔹Baru menekuni passionnya di dunia anak dan keluarga saat membangun keluarga bersama suami
🔹Founder komunitas Institut Ibu Profesional (IIP)
🔹Founder Jarimatika
🔹Founder School of Life Lebah Putih
🔹SME Utama HEbAT Community                      

♻〰〰〰〰〰〰〰〰♻

Sejarah HEbAT Community

Konsep HE berbasis Fitrah ( Fitrah based Education ) pertama kali diperkenalkan oleh Ustadz Harry Santosa dan Ibu Septi Peni Wulandani dalam sebuah seminar parenting “Home Education” yang diadakan pada 13 September 2014 di SD Darul Hikam, Bandung. Setelah acara tersebut salah satu panitia, Bunda Deasy Puspawati (saat ini Koordinator Utama HEbAT Community) berdiskusi dengan Bunda Septi  tentang fenomena ayah bunda yang sepertinya galau dalam mengasuh anak2nya. Bunda Septi waktu itu mengatakan bahwa saat ini banyak orangtua tidak melakukan hal yang semestinya.

Dari diskusi inilah kemudian Bunda Deasy mengusulkan untuk membuat grup orangtua (pasangan suami istri) dan meminta kesediaan Bunda Septi menjadi pembina grup ini. Beberapa hari kemudian, Bunda Deasy juga meminta kesediaan Ustadz Harry turut menjadi pembina. Maka lengkap sudah grup ini dibina oleh sosok Ayah dan Bunda.

Tepat tanggal 19 September 2014, dengan digawangi Bunda Deasy dan para alumni seminar HE lainnya; Bunda Dita Wulandari, Bunda Ratih, Bunda Winda Maya Frestikawati, Bunda Ismi Ruhiyati, Bunda Ria Nurfitriani Dewi, dan Bunda Zakia Muthmainnah Kadir, dibentuklah satu grup WA HEBPA yang dikemudian hari menjadi Think Tank nya HEbAT Community.
Dari Grup TT inilah lahir grup WA Bandung sebagai assabiqunnal awwalun grup dan disusul grup WA online di berbagai kota lainnya.

Dengan dibimbing Bunda Septi dan Ustadz Harry, serta olah pemikiran dan diskusi panjang para kader TT, dibangunlah pondasi dan kerangka dasar HEBPA.

Pada awal berdirinya, Grup Online WA bernama HEBPA ( Home Education  Berbasis Potensi dan Akhlak), untuk pertama kalinya dua orang ayah hebat bersedia mengajukan diri untuk bergabung di TT yaitu ayah Abdul Muqiet dan ayah Marsahid Agung. Sampai akhirnya, pada tgl 29 November 2015 HEBPA bertransformasi/berubah menjadi HEbAT (Home Education based on Akhlak and Talents) Community. Dan dari sini semakin tumbuh kader kader yang bersedia membantu dalam kepengurusan dan bersama-sama menyebarkan nilai nilai HE berbasis Fitrah.

Alhamdulillah semangat Home Education (HE)  kini menyebar dan disebar ke penjuru Nusantara bahkan Internasional, tercatat beberapa member di Grup Nasional HEbAT berdomisili di luar negeri. Dan sampai saat ini grup HEbAT sudah terbagi menjadi 13 Wilayah di seluruh Indonesia, dengan 1 wilayah mencakup 1-3 Grup Kota.

Disusun oleh : Tim Fasilitator Nasional HEbAT Community

♻〰〰〰〰〰〰〰〰♻                      
➖ Profil Koordinator Utama HEbAT Community ➖

☘ Deasy Puspawati
☘ Jakarta, 15 Desember 1978  
💝 Menikah dengan Rocky M.Adryanto
💝 Ibu dari Fadhlurrahman Nail Husnayan (11y) dan Syakira Bilhaq (7y4m)
🔹 Tinggal di Bojongsoang, Bandung
🔹 Mengenal dan memiliki minat besar pada dunia pendidikan, sejak mengasuh anak anak TPA pada sebuah masjid di Surabaya, akhir tahun 2000.
🔹 Senang berkolaborasi, bersinergi dan berjejaring sejak mengenal kawan kawan di organisasi Remaja Masjid, tahun 2000 serta perkumpulan lainnya.
🔹 Praktisi Home Education berbasis Fitrah
🔹Pembimbing sebuah PAUD di Bdg

Popular posts from this blog

Hasil Psikotes Alula - Cara Membaca

Bismillah. Beberapa waktu lalu, alula mengikuti psikotes yang diadakan pihak sekolah. Alhamdulillah hasilnya sudah launching.   Tingkat perkembangan intelektual : 90-109 itu normal utk anak/orang rata-rata sebayanya. Porsi bermain dan belajar harus pas, materi pelajaran jangan berlebihan (khususnya yang masih dibawah 7 tahun) sampai mencuri waktunya bermain, sehingga menjadi stress. Tehnik pengajaran yang ideal adalah SIMULTAN : Simultan artinya belajar secara bertahap dan bersinambungan, jika halaman pertama belum bisa ataupaham hindari ke halaman selanjutnya, jika menulis huruf B dan D masih terbalik-balik ya itu dulu yang dipelajari. Belajarlah dari mulai dari yang mudah dengan keterangan2 yang jelas. Kemampuan dasar Aritmatika sudah mulai senang hitung2 an, Logika belajar Sebab Akibat, Persepsi pandai omong,tapi sulit melakukan, IQ 110-130 Superior, kecerdasan nya dia atas anak rata2 seusianya. Potensi harus terus distimulus dengan kegiatan2 yang merangsang kecerdasa...

Adab Kepada Kaka - Bermain

Bismillah. Sering kali Naira berteriak kencang dan merebut mainan atau barang yang sedang dipegang kaka alula. Dan ketika Alula tidak nyaman, naira sering sekali memaksa untuk bermain bersamanya. Tantangan hari ke 12 "Berbaktilah kepada ibu dan bapakmu,  dan saudaramu, kemudian yang lebih di bawahnya lagi, dan yang dibawahnya lagi." Kali ini saya melakukan BRP pada Naira. Teteh, gimana cara berbicara yang sopan sama kaka? "Kakaaaaa" ( agak berteriak) Lebih lembut lagi ya sayang "Kakaaaa" (kini lembut) Pinter Jadi kalau bicara sama kaka? "harus lembut dan sopan" Iya Kalau kaka yang duluan pegang mainan,  artinya itu hak siapa? "Hak kaka" Kalau teteh mau boleh ga? "Boleh" Asalkan? "Minta izin dulu" Kalau diizinkan? Bilang terimakasih Kalau ga diizinkan? "Jangan paksa, tunggu sampai kaka selesai" Iya pinter, teteh udah ngerti yaaa Sekarang, kalau teteh mau main sam...

Adab ke Toilet

Bismillah. Sudah beberaha hari ini, Naira mengompol. Entah itu baru sedikit pipis di celana dalam, ataupun ngompol. Saya jadi mulai terpancing emosinya. Kesal, karena setiap disuruh pipis ke toilet, Naira selalu menolaknya. Dan akhirnya ngompol. Tantangan hari ke 19 Kali ini saya BRP tentang kapan harus ke toilet Teteh, kalau ada rasa menggelitik di perut bawah ( sambil disentuh di bagian kendung kemih) itu tandanya "pengen pipis" Jadi teteh harus? "ke toilet" Sebelumnya harus apa? "buka celana dulu baru jongkok di toilet" Iyaaa pinteeer.. Kalau mamam suruh pipis? "tinggal buka celana terus pipis ditoilet" Jangan apa? "jangan tahan pipis" Nanti apa? "nanti ngompol" Kalau ngompol? "nanti mamam marah" Eaaaaaaaa. Ihihihi Selain marah apa? "nanti air pipis nya kemana-mana, najis" Iya, berarti mamam harus apa? "harus ngepel sama nyuci celana bekas ompol Iya.....